Find Us On Social Media :

Padahal Peralatan Tempurnya Kalah Jauh dari Militer Afghanistan, Apa yang Membuat Taliban Begitu Kuat hingga Disebut Bakal Kuasai Ibu Kota Afghanistan Dalam 90 Hari?

By Tatik Ariyani, Kamis, 12 Agustus 2021 | 13:52 WIB

Pasukan Taliban di Afghanistan.

Intisari-Online.com - Sejak pasukan asing yang dipimpin AS mulai meninggalkan Afghanistan, kelompok pemberontak Taliban langsung melancarkan serangan kilat dan menduduki sejumlah wilayah.

Bahkan disebutkan bahwa Taliban dapat merebut ibu kota Afghanistan, Kabul, dalam waktu 90 hari, lebih cepat dari perkiraan semula.

Laporan tersebut diwartakan oleh Reuters dan The Washington Post mengutip asesmen dari dinas intelijen Amerika Serikat (AS).

Hanya dalam tempo kurang dari sepekan, Taliban berhasil menduduki sembilan ibu kota provinsi di Afghanistan sebagaimana dilansir Al Jazeera, Rabu (11/8/2021).

Baca Juga: Detik-detik Pasukan Amerika Tinggalkan Afghanistan Selamanya, Media Inggris Wawancarai Anggota Taliban yang Serang Warga dengan Brutal, Terkuak Kondisi Asli di Afghanistan

Seorang pejabat intelijen AS yang mengetahui asesmen tersebut menuturkan, Taliban dapat mengepung Kabul dalam 30 hari ke depan.

Prediksi terbaru bahwa Kabul bisa jatuh ke tangan Taliban dalam tempo yang begitu cepat lebih buruk dari yang ditakutkan sebelumnya.

Pasalnya, hasil asesmen intelijen AS sebelumnya pada Juni memperingatkan bahwa Kabul dapat diduduki Taliban dalam tempo enam bulan.

Melihat bagaimana Taliban menduduki beberapa wilayah Afghanistan dalam waktu yang relatif cepat, bagaimana perbandingan kekuatan Taliban bila dibandingakn dengan pasukan pertahanan Afghanistan?

Baca Juga: AS Makin Menjauh Setelah 20 Tahun Berkonflik di Afghanistan, Turki Justru Bakal Lakukan Hal Ini untuk Meredam Konflik Afghanistan