Find Us On Social Media :

Mengapa Belanda Ingin Menjajah Kembali Indonesia? Meski Indonesia Sudah Memproklamasikan Kemerdekaan, Ternyata Hal Ini Memicu Kedatangan Belanda

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 13 Agustus 2021 | 10:48 WIB

(ILustrasi) Iring-iringan pasukan Belanda yang menebeng pasukan Sekutu saat masuk ke Indonesia.

Intisari-Online.com - Mengapa Belanda ingin menjajah kembali Indonesia?

Tak cukup menjajah Indonesia selama ratusan tahun, kehadiran Belanda di Indonesia berlanjut dalam konflik Indonesia-Belanda selama 4 tahun, dimulai tahun 1945 hingga tahun 1949.

Meski Indonesia saat itu telah memproklamasikan kemerdekaannya, namun Belanda tak mau mengakuinya dan tetap ingin kembali berkuasa di Indonesia.

Belanda ingin menjajah kembali Indonesia karena ingin menguasai seluruh sumber daya yang ada di Indonesia dan membuat negara boneka.

Belanda ingin mengembalikan kekuasannya atas Indonesia.

Baca Juga: Konflik Indonesia-Belanda selama 4 Tahun Dimulai Ketika Belanda Ingin Kembali Berkuasa di Indonesia, Tak Tinggal Diam, Ini Sederet Perlawanan di Berbagai Daerah!

Kedatangan Sekutu dan Belanda

Dikutip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jepang menyerah tanpa syarat pada Sekutu dalam Perang Dunia II pada 15 Agustus 1945.

Artinya sebagai pemenang Perang Dunia II, Sekutu memiliki hak atas kekuasaan Jepang di berbagai wilayah yang pernah dikuasai Jepang.

Baca Juga: Tanam Paksa, Bukti Nyata Kerentanan Pemerintah Hindia Belanda yang Dibalut dengan Arogansi Sewenang-wenang