Find Us On Social Media :

Konflik Indonesia-Belanda selama 4 Tahun Dimulai Ketika Belanda Ingin Kembali Berkuasa di Indonesia, Tak Tinggal Diam, Ini Sederet Perlawanan di Berbagai Daerah!

By Khaerunisa, Minggu, 4 April 2021 | 21:00 WIB

Bandung Lautan Api. (Ilustrasi) Konflik Indonesia-Belanda selama 4 Tahun Dimulai Ketika Belanda Ingin Kembali Berkuasa di Indonesia, Tak Tinggal Diam, Ini Sederet Perlawanan di Berbagai Daerah!

Intisari-Online.com - Tak cukup menjajah Indonesia selama ratusan tahun, kehadiran Belanda di Indonesia berlanjut dalam konflik Indonesia-Belanda selama 4 tahun, dimulai tahun 1945 hingga tahun 1949.

Meski Indonesia saat itu telah memproklamasikan kemerdekaannya, namun Belanda tak mau mengakuinya dan tetap ingin kembali berkuasa di Indonesia.

Pasukan Belanda datang kembali ke Indonesia pada bulan September 1945, taklama setelah proklamasi kemerdekaan dikumandangkan.

Saat itu, kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II menyebabkan hilangnya kekuasaan Jepang di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Permulaan Konflik Indonesia-Belanda selama 4 Tahun, Ini Cara Belanda Datang ke Indonesia di Awal Kemerdekaan RI

Kemudian, Inggris ditunjuk oleh aliansi Sekutu untuk melucuti serta memulangkan tentara Jepang di Indonesia.

Inggris pun membentuk AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) untukmelakukan tugas tersebut.

Kesempatan itulah yang digunakan pemerintah sipil Hindia-Belanda (NICA), untuk menyusup kembali ke Indonesia.

Mereka memboncengi kedatangan AFNEI, masuk melalui beberapa pintu wilayah Indonesia, terutama daerah yang merupakan pusat pemerintahan pendudukan Jepang seperti Jakarta, Semarang dan Surabaya.