Find Us On Social Media :

Banyak Negara-negara Eropa Mengincarnya, Mantan Bos Bank Dunia Ini Malah Peringatkan untuk Tidak Berurusan dengan China, Apa Alasannya?

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 4 Agustus 2021 | 14:58 WIB

Presiden China, Xi Jinping saat menghadiri latihan militer di Laut China Selatan pada Kamis (13/4/20), ia telah berhasil membangun Angkatan Laut Terbesar di dunia

Intisari-Online.com - Dilansir dari Express.co.uk, Rabu (4/8/2021), mantan wakil presiden Bank Dunia, Ian Goldin, mengatakan permusuhan antara Barat dan China hanya akan membuat krisis global saat ini lebih sulit diatasi.

Dia mengatakan kepada forum pertambangan Australian Diggers & Dealers bahwa konflik semacam itu akan “mengarah pada alasan untuk proteksionisme dan nasionalisme – antitesis dari perdagangan global”.

Dia berkata: “Kita tidak dapat menghentikan pandemi berikutnya jika kita berperang dalam perang dingin."

Baca Juga: Takut Negara Tetangganya Ini Akan Berbalik Melawannya, China Gunakan Medianya untuk Kecam Amerika, Menyebutnya Bermuka Dua

"Kita tidak dapat menghentikan perubahan iklim... kita tidak dapat mengatasi ancaman dunia maya atau krisis keuangan atau lainnya."

“Kita harus bekerja sama dalam menghadapi tantangan kritis ini.”

Goldin, yang pernah menjadi penasihat presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, menyoroti peran penting Beijing dalam menyelesaikan tantangan di seluruh dunia.

Dia berkata: “Tidak ada masalah global yang dapat saya pikirkan yang tidak mengharuskan China untuk berada di ruangan sebagai bagian dari solusi, dan perannya berkembang dalam hal ini.

“Ini juga ancaman bahwa negara-negara harus 'memilih' posisinya seperti saat perang dingin lama dengan Uni Soviet."

Baca Juga: Kini China Mampu Bangun 100 Lebih Kapal Perang dalam Dekade Terakhir dalam Pembangunan Gila-gilaan, Padahal Sejarahnya Dulu 'Mengenaskan'