Find Us On Social Media :

Takut Negara Tetangganya Ini Akan Berbalik Melawannya, China Gunakan Medianya untuk Kecam Amerika, Menyebutnya Bermuka Dua

By Tatik Ariyani, Minggu, 1 Agustus 2021 | 19:15 WIB

Presiden China Xi Jinping - China sedang giat menyebarkan propagandanya ke dunia

Intisari-Online.com - China akan selalu memusuhi negara-negara yang dianggapnya ikut campur dalam urusannya.

Media pemerintah China telah menyerang apa yang disebutnya "tujuan geopolitik ganas" Amerika di Asia.

Global Times memperingatkan AS agar tidak menggunakan Vietnam sebagai "pengaruh melawan China".

Melansir Express.co.uk, Minggu (1/7/2021), peringatan itu datang ketika Wakil Presiden AS Kamala Harris akan melakukan perjalanan ke Vietnam akhir bulan ini untuk "memperkuat hubungan dan memperluas kerja sama ekonomi".

Baca Juga: Kini China Mampu Bangun 100 Lebih Kapal Perang dalam Dekade Terakhir dalam Pembangunan Gila-gilaan, Padahal Sejarahnya Dulu 'Mengenaskan'

Juga, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menyelesaikan kunjungan dua hari ke Hanoi pada hari Kamis di mana ia mencoba untuk memperkuat hubungan politik antara kedua negara.

Seperti diketahui, Vietnam membantah klaim 'sembilan garis putus-putus' China yang luas atas Laut China Selatan, yang melanggar batas wilayah maritim Hanoi.

Beijing telah membangun pulau-pulau berbenteng buatan di wilayah maritim dan melarang kapal-kapal laut melewatinya secara bebas.

 

Pada hari Kamis, Lloyd Austin mengatakan dalam pidatonya di Institut Internasional untuk Studi Strategis bahwa "klaim Beijing atas sebagian besar Laut China Selatan tidak memiliki dasar dalam hukum internasional".

 

Baca Juga: Sempat Tolak Mentah-mentah Militer Amerika, Mendadak Negara Tetangga Indonesia Ini Jilat Ludahnya Sendiri, Sampai Izinkan Negara Paman Sam Bangun Pangakalan Militernya