Find Us On Social Media :

Mau Apalagi Negara Eropa yang Ini, 20 Tahun Tak Pernah Bersentuhan Sedikitpun dengan China, Malah Mendadak Kirimkan Kapal Perangnya ke Laut China Selatan, Tujuannya Sulit Diprediksi

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 3 Agustus 2021 | 15:37 WIB

Bayern adalah kapal perang utama Jerman

Intisari-Online.com - Fregat Jerman Bayern telah berangkat dan diperkirakan akan melewati Laut Cina Selatan pada pertengahan Desember, menandai pertama kalinya dalam hampir 20 tahun sebuah kapal perang berlayar ke perairan.

Dengan demikian, Jerman akan bergabung dengan daftar panjang negara-negara yang memperluas kehadiran militer mereka di Laut China Selatan di tengah ambisi teritorial China yang meningkat di sana, menurut kantor berita Reuters sebagaimana dikutip 24h.com.vn, Selasa (3/8/2021).

Menteri Pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer tiba di pelabuhan Wilhelmshaven untuk melihat fregat Bayern berangkat untuk perjalanan tujuh bulan.

Baca Juga: Tak Perlu Koar-koar Tantang China Ala Duterte atau Mahathir, Indonesia Tegaskan Posisinya di Laut China Selatan Hanya dengan Lakukan Ini di 3 Pulau yang Jadi Benteng 'Kerakusan China'

“Kami ingin undang-undang yang ada dihormati, untuk dapat menavigasi jalur laut dengan bebas,” kata menteri pertahanan Jerman.

Selama perjalanan ini, kapal akan mengunjungi sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik seperti Australia, Jepang, dan Korea Selatan, serta melakukan latihan bersama.

Pejabat Jerman mengkonfirmasi bahwa kapal angkatan laut Jerman akan mengikuti rute perdagangan umum, bukan melewati Selat Taiwan.

Baca Juga: Angkatan Laut China Langsung Panik, Kapal Perang Musuh Ini Sukses Nyelonong di Laut China Selatan, Bahkan Punya Pangkalan Militer di Negara Tetangga Indonesia Ini