Find Us On Social Media :

Kisah Lucu Anggota Batalyon 'Kegirangan Berharap Dapat Uang Saku' saat Prabowo Subianto Dipanggil Cendana Sebelum Bertugas ke Timor Leste, Pertemuan Menghadap Soeharto Justru Cuma 5 Menit

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 2 Agustus 2021 | 16:17 WIB

Kisah lucu Prabowo menghadap Soeharto saat hendak bertugas ke Timor Leste

Intisari-Online.com - Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto merupakan orang yang ikut berperan penting dalam menumpaskan konflik Indonesia dengan Timor Leste di masa lalu.

Timor Leste, yang dulu masih bernama Timor Timur, seketika mencekam karena munculnya banyak kelompok bersenjata yang ingin menyerang TNI.

Saat Timor Timur masih bergabung sebagai salah satu provinsi dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sejumlah gangguan keamanan dilancarkan oleh kelompok bersenjata yang bertujuan ingin memisahkan diri dari Indonesia.

Baca Juga: Kisah Ibu Negara Timor Leste Pertama, Menyusup Masuk ke Indonesia Berkat Keahliannya, Berhasil Membuatnya Terhubung dengan Mata-mata Indonesia hingga Kelompok Pemberontak

Salah satu kelompok yang ingin mendapatkan kemerdekaan bagi Timor Timur adalah Fretilin.

Pemimpin kelompok itu menyerukan anggotanya untuk menyerang prajurit TNi, yang ketika itu masih bernama Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI).

Dalam buku 'Jenderal M Jusuf Panglima Para Prajurit' karya Atmadji Sumarkidjo, Prabowo Subianto beserta pasukannya dikerahkan setelah TNI menerjunkan pasukan gabungan yang dinamai Batalyon Parikesit.

Baca Juga: Bak Cuan Penuh Berkah di Balik Musibah, Rakyat Timor Leste Kini Bisa Sedikit Bernapas, Ladang Minyak yang Diprediksi Mati Tahun Lalu Kini Malah Gelontorkan Hasil di Luar Ekspektasi