Find Us On Social Media :

Kisah Sniper Selamatkan Diri dengan Sembunyi di Dalam ‘Kuda’ yang Terbuat dari Bubur Kertas di Tanah Tak Berpenghuni untuk Mata-matai Gerakan Musuh Saat Perang Dunia I

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 30 Juli 2021 | 13:35 WIB

Sniper sembunyi di dalam 'kuda' yang terbuat dari bubur kertas untuk mengelabui musuh.

Intisari-Online.com – Ini kisah sniper alias penembak jitu yang menyelamatkan dirinya dengan bersembunyi di dalam ‘kuda’ yang terbuat dari bubur kertas, di tanah tak berpenghuni.

Kuda menjadi andalan logistik saat pertempuran Perang Dunia I, dengan tugasnya menarik amunisi dan persenjataan, juga mengangkut orang sakit dan terluka.

Namun, kuda juga menjadi korban dalam perang akibat penggunaan ekstensif dalam peperangan modern.

Mayat yang membusuk dari banyaknya kuda yang jatuh adalah pemandangan umum di medan perang Somme.

Baca Juga: Kisah Wilhelm Adalbert Hosenfeld, Orang Jerman yang Selamatkan ‘Pianis’ dari Kamp Konsentrasi dan Dihormati oleh Israel

Daerah yang menjadi tanah tak bertuan di antara parit-parit itu menjadi daerah neraka, diledakkan dengan tembakan, bertabur kawat berduri dan jebakan, tempat peristirahatan terakhir ribuan infanteri dari kedua belah pihak yang berperang.

Tidak mungkin untuk menyeberang, sehingga perang parit menjadi identik dengan jalan buntu.

Saat inilah, mencari tahu apa yang sedang dilakukan musuh menjadi aktivitas utama karena kedua belah pihak mencoba untuk maju dan mengambil posisi dengan cara apapun.

Sekutu dan Jerman sama-sama membutuhkan kecerdasan untuk mendapatkan keuntungan dan menggunakan cara yang sangat kreatif untuk mendapatkannya.

Baca Juga: ‘Jika Orang Shanghai Tidak Toleran, Hidup Kami Akan Sengsara’ Inilah Tilanqiao di Shanghai, China, Tempat Aman bagi Orang Yahudi di Masa Perang Dunia 1