Find Us On Social Media :

Isu Pencurian Organ Tubuh Jenazah Covid-19 Viral, Kemanakah Limbah Medis Termasuk 'Potongan Tubuh Manusia' Dibuang oleh Rumah Sakit?

By Tatik Ariyani, Selasa, 27 Juli 2021 | 16:46 WIB

ilustrasi pembuangan limbah medis

Intisari-Online.com - Beberapa waktu lalu, masyarakat dibuat geger dengan beredarnya isu yang mengatakan bahwa jenazah pasien Covid-19 diambil organnya oleh rumah sakit.

Diwartakan Kompas.com (24/7/2021), keluarga pasien Covid-19 di RSUD Gunawan Mangunkusumo Ambarawa Kabupaten Semarang yang termakan hoaks ini terlibat keributan dengan perawat.

Bahkan, hingga menyebabkan dua tenaga kesehatan terluka, namun akhirnya berujung damai.

Atas peristiwa tersebut, Kapolsek Ambarawa AKP Komang Karisma mengatakan pihak rumah sakit menyatakan telah memaafkan keluarga pasien dan tidak memperpanjang permasalahan.

Baca Juga: Termasuk Peralatan Bekas Medis Hingga Sisa Organ Tubuh Manusia dari Operasi, Dimanakah Sebenarnya Limbah Medis Dibuang?

Menurut Komang, adik dari pasien yang meninggal, NAS mendapat informasi hoaks.

Komang mengatakan, "Yakni pasien Covid-19 yang meninggal akan diambil organ tubuhnya seperti matanya, sehingga ingin tahu kondisi jenazah kakaknya."

Padahal, jenazah pasien Covid-19 pemulasaran harus menggunakan protokol kesehatan.

Terlepas dari hoaks tersebut, mungkin Anda penasaran kemanakah limbah bagian tubuh manusia selama ini dibuang oleh rumah sakit.

Baca Juga: Ratio Kematian Akibat Covid-19 Tertinggi, Surabaya Kini Juga Diresahkan dengan Menumpuknya Limbah Medis di Pemakaman, Kepala TPU: Warga di Sini Kewalahan