Find Us On Social Media :

Masih Ingat Ever Given yang Terjebak di Terusan Suez? Akhirnya Kapal Tersebut Bisa Berlayar Bebas Setelah 106 Hari 'Ditahan' Otoritas

By Tatik Ariyani, Kamis, 8 Juli 2021 | 13:30 WIB

Kapal MV Ever Given Berhasil Dibebaskan dari Terusan Suez

Intisari-Online.com - Sekitar bulan Maret lalu, Ever Given, salah satu kapal kontainer terbesar di dunia, terjepit di Terusan Suez selama hampir seminggu dan mengganggu perdagangan global.

Namun, meski telah berhasil dikeluarkan, Ever Given tidak begitu saja berlayar bebas karena ada masalah-masalah administrasi lain yang harus diselesaikan.

Pada hari Rabu, Ever Given akhirnya bisa melanjutkan perjalanannya meninggalkan Terusan Suez setelah 106 hari, seperti melansir Al Jazeera, Rabu (7/7/2021).

Perkembangan terjadi setelah pemilik Jepang, Shoei Kisen Kaisha Ltd, mencapai penyelesaian dengan otoritas kanal atas jumlah kompensasi setelah berminggu-minggu negosiasi dan kebuntuan pengadilan.

Baca Juga: Walau Masalah Sudah Kelar, Ternyata Kapal MV Ever Given Masih Dilarang Meninggalkan Mesir Sebelum Membayar Kerugian yang Disebabkannya, Nilai Nominalnya Tak Main-Main

Kesepakatan penyelesaian ditandatangani dalam sebuah upacara pada hari Rabu di kota Terusan Suez di Ismailia.

Setelah itu, kapal terlihat berlayar ke Laut Mediterania.

Shoei Kisen mengatakan kapal itu akan menjalani survei penyelaman di kota Mediterania Mesir, Port Said, sebelum melanjutkan perjalanan ke pelabuhan berikutnya di mana kargonya akan dibongkar.

Baca Juga: Susah-susah Bebaskan Kapal Ever Given dari Terusan Suez, Ternyata Kapal Kargo Tersebut Tertahan Lagi dan Tak Bisa Bebas Pergi, Mengapa?