Find Us On Social Media :

Jangan Diremehkan, Kambik, Sistem Pendidikan Suku Asli di Papua Barat Turun Temurun Ini Hanya Diberlakukan untuk Laki-laki, Apa yang Diajarkan?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 2 Juli 2021 | 16:55 WIB

Suku Moi, di Sorong, Papua Barat.

Intisari-Online.com – Jangan diremehkan, Kambik, sistem pendidikan suku asli Papua Barat turun-temurun ini hanya diberlakukan untuk anak laki-laki, apa yang diajarkan?

Moi, suku asli Sorong, Papua Barat, dikenal memiliki tradisi unik yang berbeda dengan gaya hidup modern.

Suku Moi memiliki budaya, bahasa, organisasi sosial, dan juga sistem pendidikan tersendiri yang yang disebut Kambik.

Kambik membuat suku Moi semakin luar biasa karena tidak terlalu umum sebagai suatu suku bangsa memiliki sistem pendidikan sendiri.

Baca Juga: Beringasnya Sejak Dulu Bahkan Dikenal Sebagai Bangsa Vikingnya Papua, Inilah Suku Biak, yang Terkenal Bajak Laut Ganas dan Pelaut Tertua di Indonesia Tapi Pintar Dalam Hal Ini

Kambik menjadi harta yang sangat penting bagi orang Moi dan pengetahuannya diajarkan secara eksklusif kepada anggota suku.

Sistem pendidikan modern pertama kali ada di Sorong pada tahun 1927 ketika pemerintah kolonial mendirikan sekolah formal dengan 26 siswa.

Tahun 1970, sekolah formal masih sangat jarang di Papua Barat.

Namun, karena suku Moi memiliki sistem pendidikan sendiri, maka orang-orang Moi tidak pernah tidak berpendidikan.

Baca Juga: Sajian Tari Wutukala Ini Ungkapkan Kegembiraan Suku Moy di Papua Barat, Ditampilkan Setiap Kali Acara Adat Gambarkan Salah Satu Kegiatan Suku Ini