Find Us On Social Media :

Walau Satu Daratan, Namun Sedikitpun Tak Pernah Disentuh Indonesia, Rupanya Inilah Perbedaan Papua Nugini dan Papua Barat, Pantas Saja Tidak Pernah Diklaim Indonesia

By Khaerunisa, Kamis, 10 Juni 2021 | 19:15 WIB

Peta Papua Barat dan Papua Nugini.

Intisari-Online.com - Wilayah Papua Barat atau Papua merupakan salah satu wilayah yang terus dipertahankan Indonesia sejak kemerdekaan.

Ini merupakan wilayah yang terus berupaya memerdekakan diri dari Indonesia.

Tumbuh gerakan separatis di Papua Barat sejak beberapa dekade lalu, bahkan masih menjadi 'PR' bagi pemerintah Indonesia sampai saat ini untuk mengamankannya.

Papua Barat, yang kini telah terbagi menjadi provinsi Papua dan Papua Barat, merupakan wilayah Indonesia paling timur, sebuah wilayah berupa setengah dari sebuah pulau besar.

Baca Juga: Pantas Saja Australia Bereaksi Saat KKB Papua Dilabeli Teroris Sampai Indonesia Berniat Kerahkan Densus 88, Ternyata Ada Hubungan Pasukan Anti-Teror Indonesia Itu Dengan Australia

Jika mengingat bahwa Papua Barat merupakan bagian setengah pulau, mungkin muncul di benar kita 'mengapa hanya Papua Barat yang masuk ke dalam wilayah Indonesia?'

Bahkan, ketika Indonesia mati-matian mempertahankan Papua Barat, setengah pulau lainnya yang dikenal sebagai Papua Nugini tak pernah disentuh bahkan disinggung.

Indonesia dengan segala upaya mempertahankan Papua Barat meski desakan untuk kemerdekaannya terus bergelora, 'ingin' menyusul tetangganya yang sudah lama merdeka.

Apa perbedaan Papua Barat dan Papua Nugini sehingga nasib mereka kini berbeda?