Find Us On Social Media :

Khawatir Akan Ada Penimbunan Tabung Oksigen Karena Lonjakan Kasus Covid-19, Polda Metro Jaya Sudah Awasi Ketat Distribusi Tabung Oksigen di Pasaran, Ini Tindakan Mereka

By Maymunah Nasution, Kamis, 1 Juli 2021 | 16:31 WIB

Ilustrasi Tabung oksigen.

Intisari-online.com - Kelangkaan tabung oksigen kian terjadi seiring dengan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Kelangkaan ini mengakibatkan sejumlah rumah sakit mengaku kesulitan mencari tabung oksigen di tengah tingginya kebutuhan.

Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian (Menperin) mengatakan peningkatan permintaan tabung oksigen ini terjadi setelah rumah sakit menambah fasilitas isolasi guna penanganan Covid-19 baik lewat bangsal ataupun tenda darurat.

"Kami mencoba agar kebutuhan tabung oksigen untuk perawatan pasien Covid-19 bisa terpenuhi," katanya, mengutip siaran pers, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Tidak Hanya RS Penuh Sampai IGD 'Luber', Harga Tabung Oksigen Sudah Dibanderol Sampai 2 Juta Rupiah dengan Lonjakan Tajam Kasus Covid-19 di Indonesia

Total jumlah tabung oksigen di Indonesia saat ini dikatakan oleh Agus sebanyak 1,5-1,8 juta tabung.

Kemudian kelangkaan terjadi karena lambatnya perputaran tabung oksigen di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Namun ia mengatakan sudah ada 70-80% RS di Pulau Jawa yang sudah memiliki fasilitas Instalasi Regasifikasi Oksigen.

Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) menunjukkan kurang lebih ada 104 industri tabung dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 25120.

Baca Juga: Perlu Anda Ketahui, Ternyata Ini yang Harus Dilakukan Setelah Kontak Erat dengan Orang Positif Covid-19, Apa Saja?