Find Us On Social Media :

Dijuluki Kelompok KKB Papua Paling Brutal, Kelompok Ini Pernah Serang Pesawat TNI AU Dengan Cara Ini, Bahkan Tak Gentar Serang 12 TNI Sekaligus

By Afif Khoirul M, Selasa, 15 Juni 2021 | 14:53 WIB

Pasukan TPNPB OPM di wilayah Ndugama Papua pada 11 September 2019. Pasukan KKB Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo dituding dalang penyerangan pasukan TNI.

Intisari-online.com - Kelompk Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, terbagi dalam beberapa kelompok.

Beberapa kelompok yang terkenal adalah Lekagak Telengen, dan Egianus Kogoya, namun dari kedua nama tersebut masih ada kelompok lain.

Kelompok tersebut adalah Lamek Taplo, namun diduga masih banyak kelompok lainnya.

Kelompok Lamek Taplo ini dikenal sebagai salah satu KKB yang cukup brutal dan sudah melakukan beberapa aksi yang cukup meresahkan.

Baca Juga: Pantas AK-47 Jadi Salah Satu Andalan KKB Papua, Ternyata Inilah Kelebihan Senjata yang Juga Digunakan Para Pejuang Kemerdekaan di Berbagai Negara Ini

Menurut keterangan, kelompok Lamek Taplo mendapatkan senjata setelah merampas senjata dari helikopter TNI AU yang jatuh pada Juli 2019.

KKB Papua pimpinan Lamek Taplo sudah beberapa kali melancarkan aksi teror kepada TNI-Polri, sepanjang 2020.

Pertama diketahui, kelompok Lamek Taplo terlibat dalam sejumlah aksi teror di Pegunungan Bintang dalam beberapa bulan terakhir.

Mereka kemudian menyerang truk pekerja jalan trans-Papua ruas Yahukimo-Pegunungan Bintang pada 2 Maret 2020 di Distrik Oksop.

Baca Juga: Harta Karun di Tanah Papua: Tambang Emas Grasberg Terbesar di Dunia yang Ditemukan Penjajah Belanda pada 1930-an hingga Dioperasikan Freeport