Find Us On Social Media :

Inilah Tais, Pakaian Adat Timor Leste yang Sakral, Dulunya Hanya Dipakai oleh Orang-orang Penting Seperti Liurai

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 13 Juni 2021 | 11:34 WIB

Pakaian adat Timor Leste

Intisari-Online.com - Timor Leste merupakan suatu Negara yang memiliki berbagai macam suku dan etnis.

Timor Leste juga memiliki berbagai macam seni dan budaya yang khas dan unik dalam sejarah.

Salah satunya yakni pakaian adat Timor Leste yang disebut tais, pakaian adat Timor Leste yang sakral.

Tais dulunya sakral karena hanya digunakan oleh orang-orang penting seperti liurai (raja) dan dalam upacara-upacara penting dimana dapat menunjukkan sebagai pakaian adat Timor Leste yang sakral.

Baca Juga: Apakah Peran Perempuan dalam Perjuangan Kemerdekaan Timor Leste Benar-benar Diakui? Inilah Kisah Pemberontak Perempuan Timor Leste yang Terlupakan

Tais Timor Leste pada dasarnya merupakan kain yang diproses dengan alat tenun tradisional dan bukan mesin, alat tersebut dalam bahasa tetun disebut soru/songket.

Dengan proses tenun tersebut akhirnya menjadi tais dengan berbagai motif yang menunjukan budaya atau identitas dari masing-masing daerah di Timor Leste.

Tais tenun dapat dibagi menjadi dua yaitu tais feto (perempuan) dan tais mane (laki-laki) dari kedua tais feto dan mane adalah bentuk dan motif dari tais itu tersebut.

Dalam perkembangan saat ini tais bukan saja sebagai pakaian tradisional masyarakat Timor Leste, tapi juga sebagai salah satu warisan budaya.

Baca Juga: Ketika Timor Leste Alami Perang Saudara, Namun saat Minta Tolong Indonesia Justrtu 'Dirusuhi,' Begini Sejarah Negara yang Pernah Menjadi Bagian dari Indonesia Itu