Find Us On Social Media :

Nama Negara Ini Nyaris Tak Dikenal, Siapa Sangka Pejabatnya Bisa Buat China Kebakaran Jenggot Hanya Karena Urusan Pengobatan Pribadinya, Ini Sebabnya

By Maymunah Nasution, Rabu, 9 Juni 2021 | 13:51 WIB

Menteri Luar Negeri China dengan Menteri Luar Negeri Kepulauan Solomon, Negara kecil itu buat China mengamuk setelah terkuaknya catatan medis salah satu pejabatnya, apa sebabnya?

Intisari-online.com - Seorang Perdana Menteri Malaita, provinsi terbesar di Kepulauan Solomon, kini berada di Taiwan menerima pengobatan atas kasus tumor otak yang ia idap.

Siapa sangka, pengobatan pribadinya ini bisa membuat China mengamuk besar sampai Perdana Menteri tersebut terancam dipecat.

Melansir Al Jazeera, Daniel Sudaini, politikus berpengaruh di Kepulauan Solomon itu justru terancam dipecat dari pemerintah negara Pasifik itu.

Hal ini tidak lain karena evakuasi medis yang ia pilih guna berobat di Taiwan.

Baca Juga: Binatang, Tumbuhan, dan Angin Tunduk Padanya, Inilah Harta Karun 'Sakral' Raja Sulaiman yang Paling Dicari-cari

Rupanya hal tersebut mengakar perpecahan mengakar di Solomon atas keputusan tahun 2019 yang berniat mengubah pengakuan diplomatik dari Taipei ke Beijing.

Sudaini, yang merebak sebagai salah satu pejabat pengkritik China dari Kepulauan Solomon sejak Kepulauan Solomon mengakhiri persekutuan 36 tahun dengan Taiwan, sampai di Taipei pada 26 Mei dalam perjalanan yang dikecam pemerintah 'tanpa izin'.

Keputusan untuk pindah hubungan diplomatik ke China, dikenal dengan "pindah" di negara mereka, tetap tidak populer dan terperosok dalam tuudhan jika pengaruh korup Taiwan dan China membantu membentuk keputusan tersebut.

Penduduk Solomon yang menentang perpindahan itu takut hubungan ekonomi dengan China tidak dapat diatur.

Baca Juga: Tiba-tiba 'Diserbu' Puluhan Ribu Tunawisma Sementara Sumber Makanan Luluh Lantak, Timor Leste Sampai Harus Dikeroyok Dua Negara untuk Bisa Pulih dari Bencana Banjir