Find Us On Social Media :

Cerita Pasien Tentang Kehidupan Setelah Kematian, 'Semua Anggota Keluarga yang Sudah Mati Ada di Samping Saya'

By Mentari DP, Minggu, 30 Mei 2021 | 07:30 WIB

Kehidupan setelah kematian.

Intisari-Online.com - Dr Christopher Kerr telah menjadi kepala petugas medis di Pusat Perawatan Rumah Sakit dan Paliatif di Buffalo, New York sejak 1999.

Dia telah melakukan lebih dari 1.400 wawancara dengan pasien yang sekarat untuk mempelajari pengalaman mereka.

Berbicara di acara TEDx di Buffalo pada tahun 2015, Dr Kerr berbagi beberapa percakapan dengan pasien yang menawarkan wawasan unik.

Baca Juga: Ingin Melamun Saja, Bos TikTok yang Punya Kekayaan  Rp526,4 Triliun Resign, 'Saya Suka Menyendiri'

"Jika ada terang di dalam kegelapan saat sekarat, maka itu ada dalam pengalaman bukan dalam pengamatan," cerita Dr Kerr seperti dilansir dari express.co.uk pada Sabtu (29/5/2021).

"Saya belajar bahwa pengalaman akhir kehidupan adalah pengalaman subjektif dari sekarat dan sering mengacu pada mimpi dan penglihatan sebelum kematian."

Pengalaman seperti itu telah dilaporkan sepanjang sejarah dan lintas budaya.

Dr Kerr menjelaskan bahwa, meskipun pengalaman akhir kehidupan dapat dengan mudah dianggap sebagai kebingungan, mereka yang mengalami penglihatan pra-kematian tidak begitu terlepas.

"Ketika saya hadir di samping tempat tidur saat mereka sekarat ... saya melihat pasien sekarat menjangkau dan memanggil ibu, ayah, dan anak-anak, banyak di antaranya tidak pernah terlihat selama bertahun-tahun."

Baca Juga: Hisashi Ouchi Jadi Korban Paparan Radiasi Nuklir Terbesar Dalam Sejarah, Perusahaannya Akui Berbuat Ilegal