Find Us On Social Media :

Sudah Kehabisan Minyak, Cukong Asing Akan Ajak Warga Timor Leste 'Panen' Karbon di Lahan Minyak yang Kering Ini

By Maymunah Nasution, Sabtu, 29 Mei 2021 | 07:46 WIB

Minyak bumi hanya jadi kutukan bagi negara miskin Timor Leste

Intisari-online.com - Dua perusahaan minyak asing di Timor Leste akan mulai memanen karbon dari lahan gas di barat laut Australia dan menggunakan lahan gas di Laut Timor untuk mendapatkan stok karbon.

Mengutip Reuters, Santos Ltd (STO.AX) dan perusahaan Italia Eni (ENI.MI) mengumumkan hal tersebut Senin kemarin.

Keputuan diambil setelah Eni menutup perdagangan aset gas Australia lebih awal tahun ini, karena gagal mencapai harga yang diinginkan.

Eni dan Santos adalah mitra di lahan gas di Timor Laut, Bayu Undan, yang menjadi sumber gas alam cair.

Baca Juga: Sudah Diperingatkan Sejak Awal Merdeka, Timor Leste Baru Rasakan Susahnya Atasi Krisis Negara

Serapan pajak dari lahan itu telah menjadi sumber pendapatan utama di Timor Leste sejak tahun 2004.

Bayu Undan diperkirakan kering tahun 2023, yang artinya Timor Leste harus mencari cara temukan sumber daya baru sebagai sumber pendapatan kedaulatan mereka.

Dua perusahaan itu mempertimbangkan mengubah fasilitas Bayu Undan untuk penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS), yang dapat mengambil emisi industri-industri di Teritori Utara dan menyediakan sumber uang baru bagi Timur Leste, ujar Santos.

"Kesempatan CCS di Bayu-Undan sangatlah menarik bagi Santos dan Eni dan hari ini kami mengatakan ingin membuka bisnis menyimpan karbon dioksida Anda," ujar Pemimpin Eksekutif Santos Kevin Gallagher.

Baca Juga: Bak Belum Puas Rampok Ladang Minyak Timor Leste, Australia Kembali Lakukan Pengeboran Triliunan Rupiah di Bayu-Undan