Find Us On Social Media :

China Akhirnya Tak Bisa Berbohong Lagi, Kecurigaan Virus Corona Bocor dari Laboratorium Wuhan Dianggap Serius

By Mentari DP, Jumat, 28 Mei 2021 | 13:30 WIB

Laboratorium Wuhan China.

Intisari-Online.com - Hampir satu setengah tahun sejak virus corona (Covid-19) terdeteksi di kota Wuhan di China, pertanyaan tentang bagaimana virus pertama kali muncul masih menjadi misteri.

Tetapi dalam beberapa pekan terakhir, klaim kontroversial bahwa pandemi mungkin telah bocor dari laboratorium China - yang pernah dianggap oleh banyak orang sebagai teori konspirasi pinggiran - telah mendapatkan daya tarik.

Sekarang, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah mengumumkan penyelidikan mendesak yang akan melihat teori sebagai kemungkinan asal muasal penyakit tersebut.

Baca Juga: Muncul Spekulasi Baru Asal Usul Virus Corona, Bikin China Tidak Bisa Berbohong Lagi pada Dunia

 

Ada kecurigaan bahwa virus corona mungkin telah lolos, entah secara tidak sengaja atau tidak, dari laboratorium di kota Wuhan di China tengah tempat virus pertama kali tercatat.

Ini karena ada keberadaan fasilitas penelitian biologi utama di kota.

Dilansir dari bbc.com pada Jumat (28/5/2021), Institut Virologi Wuhan (WIV) telah mempelajari virus corona pada kelelawar selama lebih dari satu dekade.

Laboratorium tersebut terletak hanya beberapa kilometer dari pasar basah Huanan tempat kelompok infeksi pertama muncul di Wuhan.

Mereka yang mendukung teori tersebut mengatakan bisa saja bocor dari fasilitas ini dan menyebar ke pasar basah.

Sebagian besar berpendapat itu akan menjadi virus yang tidak diubah yang dikumpulkan dari alam liar, bukan rekayasa.

Baca Juga: Setelah Heboh Ratusan WNA India yang Beberapa Positif Covid-19, Kini Giliran 157 WNA China Dibolehkan Masuk ke Indonesia Setelah Imigrasi Lakukan Hal Ini, Apakah Kita Kecolongan Lagi?