Find Us On Social Media :

Masih Gagal Bergabung, Disebut 'Hanya' Ini Kunci Timor Leste untuk Tembus Jadi Anggota ASEAN

By Khaerunisa, Selasa, 25 Mei 2021 | 20:05 WIB

Timor Leste belum bergabung menjadi anggota ASEAN.

Intisari-Online.com - Timor Leste merupakan negara di kawasan Asia Tenggara yang sampai saat ini belum bergabung dengan organisasi ASEAN.

Sebenarnya, Timor Leste telah mengajukan permohonan untuk menjadi anggota pada 2011 silam, namun permohonan tersebut masih belum diterima.

Ambisi negara termuda Asia Tenggara ini untuk bergabung dengan organisasi negara-negara Asia Tenggara tersebut cukup tinggi.

Bahkan, ketika berupaya untuk bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), disebut keputusan tersebut tak lepas dari keinginan negara tersebut untuk bergabung dengan ASEAN.

Baca Juga: Berharap Ekonominya Membaik Setelah Merdeka dari Indonesia, Timor Leste Setujui RUU Pertambangan

Menurut The Jakarta Post dikutip dari Pos Kupang, Timor Leste memulai pembicaraan resmi untuk bergabung dengan WTO 3 Oktober 2020 lalu.

Tujuannya, selain untuk memulihkan perekonomiannya, tujuannya bergabung dengan WTO ternyata juga sebagai batu loncatan untuk aksesi ke ASEAN.

"Mempercepat pertumbuhan dan diversifikasi ekonomi. Itu juga akan menjadi batu loncatan untuk aksesi (Timor Leste) ke Asean," kata Menteri Koordinator Perekonomian Timor Leste, Joaquim Amaral, kala itu.

Belum menjadi anggota ASEAN padahal disebut akan menguntungkan baginya, apa kunci agar Timor Leste bisa bergabung dengan organisasi ini?