Find Us On Social Media :

Sejarah Timor Leste, Jadi Koloni Portugis Sejak Abad ke-16 dan Tak Dilirik Indonesia Sedikitpun Karena Disibukkan Menguasai Irian Barat di New Guinea

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 15 Mei 2021 | 14:25 WIB

Sejarah Timor Leste

Intisari-Online.com - Sejarah Timor Leste sejak abad ke-16, yang saat itu disebut Timor Timur adalah koloni Portugis yang dikenal sebagai Timor Portugis.

Sisa pulau Timor, dan pulau-pulau lain yang kemudian menjadi Indonesia, dijajah oleh Belanda antara abad ke-17 dan ke-19, dan dikenal sebagai Hindia Belanda.

Portugal sebagian besar mengabaikan koloni tersebut.

Mereka menggunakannya terutama sebagai tempat untuk mengasingkan orang-orang yang dianggap pemerintah di Lisbon sebagai "masalah."

Baca Juga: Kini Jor-joran Bantu Timor Leste Seakan Saudara Kandung, Australia Dulunya Ternyata Dukung Mati-matian Pencaplokan Indonesia ke Bumi Lorosae, Pengaruh Kuat Soeharto di ASEAN Ini Sebabnya

Mereka ini termasuk tahanan politik dan juga penjahat biasa.

Meskipun Portugal netral selama Perang Dunia II, pada bulan Desember 1941, Timor Portugis diduduki oleh pasukan Australia dan Belanda, yang mengharapkan invasi Jepang.

Ketika Jepang benar-benar menduduki Timor, pada Februari 1942, Sekutu dan sukarelawan Timor melibatkan mereka dalam kampanye gerilya.

Bantuan ini sangat merugikan penduduk sipil: Pasukan Jepang membakar banyak desa dan menyita persediaan makanan.

Baca Juga: Meski Sudah Jadi Negara Berdaulat Sendiri dan Banyak Pengaruh dari Portugis, Budaya Timor Leste Ada yang Unik dan Menarik yang Dilakukan Ketika Masuki Usia Remaja