Find Us On Social Media :

Sampai Disebut 'Teman Israel di Dunia Islam', Gus Dur Pernah Bikin Israel Keheranan, Media Israel Sampai Puji Kehebatannya

By Tatik Ariyani, Rabu, 12 Mei 2021 | 12:14 WIB

Kisah Gus Dur bikin Israel Keheranan.

Intisari-Online.com - Pada hari Selasa, militer Israel terus membombardir Jalur Gaza yang dikepung, menargetkan beberapa daerah setelah roket ditembakkan dari daerah tersebut.

Otoritas kesehatan di Gaza mengatakan setidaknya 32 warga Palestina, termasuk 10 anak-anak, tewas dalam serangan udara Israel di Jalur itu sejak Senin malam, setelah Hamas meluncurkan roket dari wilayah pesisir menuju Israel.

Tembakan roket terjadi setelah Hamas, yang memerintah Gaza, mengeluarkan ultimatum yang menuntut Israel mundur dari pasukan keamanannya dari kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki setelah beberapa hari kekerasan terhadap Palestina.

Polisi Israel menyerbu kompleks tersebut pada hari Senin untuk tiga hari berturut-turut, menembakkan peluru baja berlapis karet, granat kejut dan gas air mata ke arah jamaah Palestina di dalam masjid pada hari-hari terakhir bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: Bertahun-tahun Lindungi Israel dari Serangan Rudal, Kubah Besi Akhirnya Ditembus Rudal Sijeel Hamas dengan Mudah

Lebih dari 700 warga Palestina terluka di Yerusalem dan di seluruh Tepi Barat yang diduduki dalam beberapa hari terakhir, seperti diwartakan Al Jazeera, Selasa (11/5/2021).

Saat banyak pihak mengecam Israel, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun turut mengecam aksi kekerasan Israel terhadap warga Palestina.

Warga Palestina tersebut diusir secara paksa oleh pasukan Israel dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Jokowi menyinggung mengenai tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa. "Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan terhadap pelanggaran yang terus dilakukan Israel," ujar Jokowi dalam pernyataan resmi yang dikutip melalui akun twitternya, Senin (10/5).

Baca Juga: Bombardir Jalur Gaza dan Lukai Ratusan Warga Palestina, Israel Diam-diam Ketakutan, Pejuang Hamas dan PIJ Punya Senjata yang Melimpah, Siap Gempur Israel Kapan Saja