Find Us On Social Media :

Bertahun-tahun Lindungi Israel dari Serangan Rudal, Kubah Besi Akhirnya Ditembus Rudal Sijeel Hamas dengan Mudah

By Tatik Ariyani, Rabu, 12 Mei 2021 | 10:50 WIB

Iron Dome Israel

Intisari-Online.comIsrael sangat percaya diri mengandalkan sistem pertahanan udara yang disebut Iron Dome alias Kubah Besi untuk melindungi wilayahnya dari serangan via udara.

Istilah kubah besi dipakai untuk menggambarkan sistem pertahanan udara yang benar-benar melindungi seluruh wilayah Israel seperti halnya kubah.

Sistem pertahanan rudal tersebut berfungsi sebagai penangkal rudal yang diluncurkan ke arah Israel.

Militer Israel mengklaim bahwa sejauh ini alat tersebut telah berhasil melumpuhkan roket–roket yang diluncurkan ke wilayah mereka.

Baca Juga: 10 Tahun Sepak Terjang Iron Dome Israel: 2.500 Roket Hancur Sejak Negara Yahudi Itu Rentan oleh Ancaman Hizbullah, Bagaimana Perkembangannya?

Sistem pertahanan anti-rudal Iron Dome tidak diragukan lagi adalah juara dari konflik Israel dengan Gaza.

Tanpanya, ratusan rudal yang ditembakkan oleh Hamas ke Israel dari hari ke hari kemungkinan besar akan menyebabkan banyak kematian, dan kerusakan parah.

Namun, klaim Israel tentang Iron Dome yang tak dapat ditembus itu akhirnya dipatahkan oleh upaya Hamas.

Melansir The Times of Israel, Selasa (11/5/2021), sayap bersenjata Hamas mengatakan bahwa mereka menggunakan jenis baru rudal "Sijeel" untuk menyerang kota-kota Israel hari ini.

Baca Juga: Bagaimana Iron Dome Israel Menghadapi 690 Roket dan Mortir Hamas, Benarkah Tidak Segagah Sebagaimana yang Diklaim?