Find Us On Social Media :

Dunia Berhutang Kepadanya! Khianati Negaranya Sendiri, Ini Detik-detik Ketika Intelijen Militer Uni Soviet Telepon CIA dan MI6 untuk Selamatkan Dunia dari Serangan Nuklir

By Mentari DP, Senin, 10 Mei 2021 | 13:30 WIB

Oleg Penkovsky.

 

Intisari-Online.com - Oleg Penkovsky adalah seorang kolonel intelijen militer Uni Soviet selama akhir tahun 50-an dan awal tahun 60-an.

Di mana dia bertanggung jawab untuk memberi tahu Inggris tentang penempatan rudal Kremlin di Kuba.

Karyanya membantu membangun intelijen yang tepat yang mengarah pada resolusi Krisis Rudal Kuba dan dia secara luas dikenang sebagai mata-mata yang menyelamatkan dunia dari konflik nuklir habis-habisan.

Baca Juga: Jadi Satu-satunya Negara Yahudi di Dunia, Ini 4 Bahasa yang Paling Umum Digunakan di Israel, Nomor 4 Bikin Anda Kaget!

Bahkan orang-orang memberinya nama kode 'HERO' yang berarti 'pahlawan' untuk usahanya.

Namun, penulis Jeremy Duns berdiskusi dengan pembawa acara Cold War Conversations Ian Sanders tentang bagaimana Penkovsky juga hampir memulai Perang Dunia 3.

"Mereka setuju dengannya prosedur menelepon untuk memperingatkan serangan pertama jika dia pikir Uni Soviet akan menggunakan senjata nuklir," kata Sanders.

Duns lalu menjawab bahwa prosedur menelepon dilakukan karena sangat sulit untuk menggunakan prosedur lain di Moskow.

"Itu memakan waktu terlalu lama."

Baca Juga: Lagi Ramai di TikTok, Ternyata Film Kartun Itu Diambil dari Kisah Nyata, Ketika Bocah Lelaki Gendong Adiknya Sendiri yang Terkulai Tak Bernyawa Pasca Tragedi Bom Atom Nagasaki