Find Us On Social Media :

Starbucks Coffee Company Jadi Pembeli Utama Kopi Timor, Seperti Apa Hubungan AS dengan Negara Timor Leste Selama Ini yang Kita Tidak Ketahui?

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 10 Mei 2021 | 08:55 WIB

Hubungan AS Dengan Negara Timor Leste

Intisari-Online.com - Negara Timor Leste menjadi negara merdeka pada tahun 2002, setelah lebih dari empat ratus tahun penjajahan Portugis, dua puluh empat tahun pendudukan Indonesia, dan tiga tahun pemerintahan transisi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Negara ini menghadapi tantangan untuk membangun demokrasi yang kuat dan ekonomi yang dinamis dengan latar belakang institusi yang masih rapuh dan sumber daya manusia yang terbatas.

Amerika Serikat dan negara Timor Leste menikmati hubungan bilateral yang sangat baik berdasarkan kepentingan dan nilai bersama, dan Amerika Serikat berkomitmen untuk memperkuat dan memperdalam kemitraan ini.

Bantuan AS untuk Timor Leste

Baca Juga: Rupanya Bukan Karena Kekayaan Minyaknya, Justru Benda Inilah yang Membuat Timor Leste begitu Dikenal Dunia Pada Masa Lalu, Sampai Portugis Tergiur Menjajahnya

Amerika Serikat memiliki program bantuan pembangunan bilateral yang signifikan dan juga merupakan donor utama bagi sejumlah badan multilateral yang aktif di Timor Leste.

Misalnya seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, Bank Pembangunan Asia, dan Bank Dunia.

Bantuan pembangunan AS diberikan melalui tata kelola Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), kesehatan, pariwisata, produktivitas sektor swasta, konektivitas digital, dan program pertanian; rotasi sepanjang tahun Angkatan Laut AS; dan program Korps Perdamaian yang berkembang.

Pada bulan Desember 2017, Millennium Challenge Corporation memilih Timor Leste untuk program hibah lima tahun.

Baca Juga: Mencederai Perjanjian 1995, Campur Tangan Australia dalam Krisis Timor Leste 1999 dan Pemberitaan Papua Barat Menjadi Tanda Meruncingnya Masalah Ketidakpercayaan