Find Us On Social Media :

Sampai Bikin Mertua SBY Rela Sodorkan 'Leher' Dua Orang Kepercayaannya, Inilah Lodewijk Mandatjan, Pemimpin KKB yang Perjuangannya Paling Tulus Hingga Sudi Lakukan Ini

By Ade S, Kamis, 6 Mei 2021 | 17:47 WIB

Pimpinan KKB Papua Lodewijk Mandatjan (kiri), Soeharto

Intisari-Online.com - Aksi Kelompok Kriminal Bersenjata di Tanah Papua (KKB Papua) kian hari kian meresahkan penduduk Bumi Cenderawasih.

Label teroris yang telah disematkan pemerintah Indonesia, melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD nyatanya membuat mereka makin beringas.

Setelah sempat memohon-mohon kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tak digempur habis-habisan usai aksi mereka tewaskan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha, mereka kembali berulah.

Pada Minggu (2/5/2021), gedung sekolah dan gedung rumah sakit mereka bakar. Sementara fasilitas jalanan mereka rusak. Semuanya terjadi di Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak.

Baca Juga: Tak Seperti KKB Papua yang Ketar-ketir Bakal Hadapi Pasukan Setan TNI AD, Kelompok Separatis NRFPB Wilayah Nabire Sudah Lega Telah Menyatakan Diri Kembali ke Pangkuan NKRI

"Memang benar ada pembakaran yang dilakukan oleh KKB di Kampung Mayuberi," kata Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, di Timika, Selasa (4/5/2021), seperti dikutip dari kompas.com.

Ya, mereka kembali melakukan aksi pengrusakan terhadap fasilitas publik yang justru sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang selama ini mereka klaim mereka bela.

Hal ini terasa bagai ironi, apalagi jika nama Lodewijk Mandatjan, seorang legenda KKB Papua, disebutkan.

Perjuangannya yang tulus benar-benar mampu membuat 14 ribu pasukan secara suka rela berani untuk berada di bawah perintahnya.

Baca Juga: Pantas Saja, Sudah Lama Diberantas KKB Masih Eksis hingga Kini, Ternyata Begini Cara Kelompok Separatis Itu Menambah Jumlah Anggotanya