Find Us On Social Media :

Benny Wenda Klaim Partai Komunis China Dukung Referendum Kemerdekaan Papua dari NKRI, Akankah Tiongkok 'Kucurkan Dana Segar' Sebagaimana Terhadap Timor Leste Selama Pendudukan Indonesia Dahulu?

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 23 April 2021 | 09:46 WIB

China bantu gerakan separatis Papua dan Timor Leste

Intisari-Online.com - Pada Desember 2020, Benny Wenda, pemimpin Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat mengklaim kemerdekaan Papua dan mengukuhkan dirinya sendiri sebagai presidennya.

Namun, Menko Polhukam Mahfud MD menganggap Benny Wenda hanya membuat negara ilusi.

"Menurut kami, Benny Wenda ini membuat negara ilusi."

"Negara yang tidak ada dalam faktanya," ujar Mahfud dalam konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (3/12/2020) sebagaimana dilansir Kompas.com.

Baca Juga: Rekam Jejak Tindak-tanduk Sabinus Waker, Pentolan KKB Papua yang Markasnya Pernah Dibikin Kocar-Kacir, TNI-Polri Menemukan Barang-barang 'Printilan' Tak Terduga Ini

Bak sudah sangat frustasi, mengutip kanal YouTube Bang Arief, Kamis (22/4/2021), Benny Wenda sudah mengklaim Partai Komunis China (PKC) telah memberikan dukungan atas referendum untuk kemerdekaan Papua dari NKRI.

Sangat besar kemungkinannya menurut Arief, pemerintah China akan menerima tawaran tersebut karena Papua merupakan posisi vital di Laut China Selatan (LCS).

Belum lagi seperti yang kita ketahui bahwa Papua sangat kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), berbagai mineral dikandung di bawah bumi Papua.

Terlebih, jika menilik catatan sejarah, China juga telah menyediakan dana untuk gerakan kemerdekaan Timor Leste selama pendudukan Indonesia.

Baca Juga: Bumi Cenderawasih Terus Dibanjiri Darah Rakyat Tak Berdosa, Terungkap Janji Prabowo untuk Berjuang Lakukan Ini Demi Warga Papua Kala OPM Diusulkan Masuk Daftar Teroris Internasional