Penulis
Intisari-Online.com - Kapal Selam KRI Nanggala-402 hilang di utara Pulau Bali, Rabu (21/4/2021) pagi.
Indonesia meminta bantuan Singapura dan Australia yang memiliki kapal penyelamat kapal selam.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berharap, kapal selam itu masih bisa ditemukan.
"Besok saya segera menuju ke lokasi," kata Hadi, dikutip dari Kompas.id, Rabu.
Hadi mengatakan, kapal selam tersebut diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil atau 95 kilometer dari utara Pulau Bali pukul 03.00 WIB pagi tadi.
Kapal selam buatan Jerman tahun 1979 tersebut dikhawatirkan tenggelam. Ada dugaan, kapal itu kini berada di palung di kedalaman 700 meter.
Melansir Defense News, Kamis (22/4/2021), perangkat lunak pelacakan kapal menunjukkan bahwa kapal penyelamat kapal selam MV Swift Rescue sudah berlayar ke selatan menuju Bali pada Rabu sore waktu setempat.
Singapura menandatangani perjanjian penyelamatan kapal selam dengan Indonesia pada tahun 2012 dan memiliki perjanjian serupa dengan beberapa angkatan laut lainnya, termasuk Amerika Serikat.
Perjanjian itu dibuat untuk memberikan bantuan penyelamatan kapal selam di wilayah tersebut jika diperlukan layanan semacam itu.
MV Swift Rescue, yang dioperasikan oleh angkatan laut Singapura tetapi diawaki oleh kontraktor sipil, dilengkapi dengan kapal selam Deep Search and Rescue Six (DSAR 6), yang didasarkan pada kendaraan penyelamat kapal selam DSAR 500 Class milik James Fisher Defence.
Swift Rescue akan bergabung dengan kapal angkatan laut Indonesia lainnya yang sudah mencari kapal selam tersebut.
Situs pelacakan kapal menunjukkan setidaknya dua korvet Indonesia sudah berada di lokasi terakhir kapal yang diketahui, yang kabarnya memiliki kedalaman antara 700 hingga 800 meter.
Sementara Australia belum mengumumkan apakah kemampuan penyelamatan kapal selamnya sendiri akan dikirim untuk pencarian.
Angkatan Laut Australia memiliki LR5 rancangan Inggris yang juga dikelola oleh James Fisher Defense sebagai Sistem Penyelamatan dan Penyelamatan Kapal Selam yang dikontraknya.
Kapal penyelamat MV Swift Rescue adalah Submarine Support and Rescue Vessel (SSRV) yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Singapura.
Kapal tersebut mampu melakukan operasi penyelamatan dalam kondisi Sea State 5.
Swift Rescue diluncurkan oleh Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) pada November 2008.
Kapal ini dilengkapi dengan kemampuan Submarine Escape and Rescue (SMER).
Melansir Naval Technology, kapal MV Swift Rescue memiliki panjang 85 meter, lebar 18.3 meter dan draft 4,3 meter. Kedalaman ke dek utama adalah 7,5 meter. Ini memiliki tonase kotor 4.290t.
Kapal tersebut dapat membawa 27 awak untuk melakukan operasi penyelamatan dan pelarian kapal selam.
MV Swift Rescue dilengkapi dengan Submarine Rescue Vehicle DSAR 6, ruang Transfer under Pressure (TUP), Launch and Recovery System (LARS), Integrated Navigation & Tracking System, Remotely Operated Vehicle (ROV), dan helipad.
Kapal selam DSAR 6 sepanjang 9,6 meter ini mampu mencapai kedalaman 500 meter untuk menyelamatkan kapal selam.
Sistem ROV di atas Swift Rescue akan membantu kru untuk menemukan dan melihat lokasi pasti dari kapal selam yang tertekan (DISSUB) dan membersihkan puing-puing di sekitar DISSUB.
MV Swift Rescue dipasang dengan derek dek 3t beban kerja aman (SWL). Kapal itu memiliki dua perahu penyelamat tertutup yang terdiri dari 50 orang dan kapal penyelamat cepat.
Helipad di Swift Rescue dapat mendukung pengoperasian satu helikopter 12t.
Helikopter yang berangkat digunakan untuk memindahkan pelaut yang diselamatkan ke darat untuk memberikan perawatan medis yang lebih baik. Ia juga memiliki sistem pemosisian dinamis DP-2.
Sistem onboard dan bawah air dipantau dan dilacak oleh sistem navigasi dan pelacakan terintegrasi.
Fasilitas akomodasi disediakan untuk 85 personel. Fasilitas lainnya termasuk rumah sakit dengan 18 tempat tidur single, dan berantakan.
Pembangkit listrik Swift Rescue dilengkapi dengan dua mesin diesel MAN 2040 kW, tiga generator diesel Caterpillar 1.360 kW, dua baling-baling nosel CPP Kort, dan generator darurat 95 kW.
Sistem propulsi juga mengintegrasikan dua pendorong busur terowongan 1.000 kW dan dua pendorong buritan 420 kW untuk kemampuan manuver yang tinggi.
Kapal dapat berlayar dengan kecepatan maksimum 12kt. Ini dapat dioperasikan terus menerus tanpa mencapai dermaga untuk jangka waktu sekitar 28 hari.