Find Us On Social Media :

Kelamnya Sejarah Timor Leste yang Penuh Pertempuran 'Diwarnai' oleh Kelompok Veteran Ini, Kenang Perjuangan Lewat Lagu-lagu Perlawanan

By Khaerunisa, Senin, 19 April 2021 | 20:15 WIB

(Ilustrasi) Kelamnya Sejarah Timor Leste yang Penuh Pertempuran 'Diwarnai' oleh Kelompok Veteran Ini, Kenang Perjuangan Lewat Lagu-lagu Perlawanan

Intisari-Online.com - Dalam sejarah Timor Leste, negara yang letaknya di sebelah timur Nusa Tenggara Timur (NTT) ini pernah menjadi bagian wilayah Indonesia.

Dulu, orang-orang mengenalnya sebagai Timor Timur. Dan sejak melepaskan diri di era pemerintahan Presiden Habibie, ia punya nama resmi Republik Demokratik Timor Leste.

Selama 24 tahun lamanya Timor Leste berintegrasi dengan Indonesia, yaitu sejak 1975 hingga 1999.

Namun, selama seperempat dekade tersebut, berintegrasinya Timor Leste dengan Indonesia diwarnai perlawanan oleh rakyat Timor Leste pro-kemerdekaan.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste Pernah Berintegrasi dengan Indonesia, Menjadi Masa Kelam Alberto 'Diculik' dari Kampung Halaman, sampai Keluarga Menganggapnya Sudah Tiada

Mereka ingin Timor Leste merdeka dari Indonesia dan menjadi negara sendiri, meski sebagian rakyat Timor Leste lainnya juga ada yang menginginkan tetap berintegrasi dengan Indonesia.

Tak ayal pertempuran demi pertempuran terjadi di Bumi Lorosae, rakyat Timor Leste pro-kemerdekaan bergerilya melawan tentara Indonesia.

Para pejuang kemerdekaan Timor Leste mempertaruhkan nyawanya demi tujuan mereka, menyusup ke hutan-hutan dan gunung.

Rupanya, lagu-lagu perlawanan ikut mewarnai masa-masa perjuangan rakyat Timor Leste pro-kemerdekaan itu.