Find Us On Social Media :

Bukan Karena Ketakutan dengan Rusia, Ternyata Ini Alasan Kapal Perang AS yang Sudah Masuk Laut Hitam Justru Memilih Putar Balik dan Ogah Ikut Campur Urusan Ukraina Rusia

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 17 April 2021 | 14:59 WIB

Kapal Perang AS

Intisari-Online.com - Dua kapal perang AS yang memasuki Laut Hitam mengubah arah dan menuju pangkalan angkatan laut Yunani.

Media internasional dan banyak analis sedang membahas keterlambatan pergerakan dua kapal perang Angkatan Laut AS melalui Bosphorus Turki untuk memasuki Laut Hitam.

Sebelumnya, menurut markas militer AS, kapal-kapal militer dikirim ke Laut Hitam sehubungan dengan pergerakan pasukan Rusia, dekat perbatasan barat Ukraina dalam beberapa waktu terakhir.

Unit tempur armada AS termasuk kapal perusak USS Donald Cook dan USS Roosevelt diperkirakan akan memasuki Laut Hitam pada 14 April.

Baca Juga: Situasi Memanas di Laut China Selatan Antara Amerika dan China, Negara dengan Militer Terkuat Kedua di Asia Tenggara Setelah Indonesia Ini Malah Diprediksi Jadi Kunci Utama Wilayah Tersebut, Apa Alasannya?

Sebelumnya, Amerika Serikat telah mengirimkan pemberitahuan kepada Turki tentang kapal perang tersebut akan melewati Bosphorus.

Kapal perang AS harus meninggalkan Laut Hitam pada 4 atau 5 Mei sesuai dengan Konvensi Montreux.

Namun, alih-alih pergi langsung dari Mediterania melalui Laut Marmara ke Laut Hitam, kapal-kapal Angkatan Laut AS mengubah arah dan memasuki salah satu pangkalan angkatan laut Yunani.

Tempat kapal perang AS diarahkan adalah pangkalan Souda di pulau Kreta.

Baca Juga: ‘Tarik Jarimu Keluar’ Bahasa Gaul Pelaut Inggris Ini Mungkin Bikin Anda Bingung Mereka Bicara Apa, Inilah yang Terjadi di Tengah Laut Saat Perang Dunia I