Find Us On Social Media :

Konflik Memanas, Jika Perang Ukraina Bakal Hancur? Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Rusia dan Ukraina

By Khaerunisa, Selasa, 13 April 2021 | 12:25 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer Rusia dan Ukraina

Intisari-Online.com - Memanasnya hubungan Rusia dan Ukraina memicu kekhawatiran terjadinya perang, seperti apa perbandingan kekuatan militer Rusia dan Ukraina?

Ketegangan di antara keduanya meningkat setelah Rusia mengerahkan banyak pasukan dan persenjataan militernya ke perbatasan dengan Ukraina.

Mengutip The Sun (11/4/2021) Pemerintah Ukraina, yang dipimpin oleh Presiden Volodymyr Zelensky, menuduh Moskow berencana menyerang Donbass, yang telah diduduki oleh separatis yang didukung Rusia sejak 2014.

Zelensky juga mengecam Kremlin karena menghasut kekerasan antara pasukan Ukraina dan pemberontak pro-Rusia di negaranya.

Baca Juga: Taiwan Tak Segan Tembak Pesawat China Jika Berulah Melewati Batas, Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan Taiwan

Meski tak membantah pergerakan pasukannya, namun Rusia bersikeras tidak berniat mengancam siapa pun.

Melalui juru bicaranya, Dmitry Peskov, Rusia mengatakan hanya berusaha melindungi penutur bahasa Rusia yang berada di wilayah konflik.

Sementara, Dmitry Kozak, wakil kepala administrasi kepresidenan Rusia, mengatakan para pemimpin Kiev seperti "anak-anak yang bermain dengan korek api." Kemudian memperingatkan bahwa "Setiap aksi militer akan membuat Ukraina jatuh ke kehancurannya."

Melihat kekuatan militer Rusia dan Ukraina, di atas kertas Moskow memang unggul, seperti apa perbandingannya?