Find Us On Social Media :

China Bersiap jadi Sasaran Kemurkaan Seluruh Penduduk Dunia, Para Peneliti Ini Bersiap Mengobrak-abrik Laboratoriumnya untuk Bongkar Asal-usul Virus Corona

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 8 April 2021 | 11:04 WIB

24 Peneliti Bersiap Mengobrak-abrik Laboratorium China

Intisari-Online.com - Diketahui sebelumnya bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah melakukan studi gabungan ke China.

Hal itu dilakukan untuk mengetauhi asal muasal Covid-19 yang kini menjadi pandemi dunia.

Namun, studi tersebut tidak memberikan jawaban yang kredibel tentang bagaimana pandemi dimulai.

Sekelompok ilmuwan internasional mendesak pada hari Rabu, untuk dilakukan penyelidikan yang lebih ketat soal asal usul pandemi, dengan atau tanpa keterlibatan Beijing.

Baca Juga: Temui 'Juba' Penembak Jitu yang Legendaris Paling Mematikan di Irak, Keterampilan Mautnya Seperti 'Mustafa' pada 'American Sniper,' Siapakah Dia Sebenarnya?

Melansir Reuters, studi bersama, yang dirilis minggu lalu, mengatakan rute penularan yang paling mungkin untuk SARS-CoV-2, melibatkan kelelawar dan satwa liar lainnya di China dan Asia Tenggara, kecuali mengesampingkan kemungkinan bocor dari laboratorium.

Dalam surat terbukanya, 24 ilmuwan dan peneliti dari Eropa, Amerika Serikat, Australia dan Jepang mengatakan hasil studi itu tercemar oleh politik.

"Titik awal mereka adalah, mari kita berkompromi sebanyak yang diperlukan untuk mendapatkan kerja sama minimal dari China," kata Jamie Metzl, rekan senior di wadah pemikir Dewan Atlantik, yang merancang surat itu, seperti yang dikutip Reuters.

Surat itu mengatakan kesimpulan studi itu didasarkan pada penelitian China yang tidak dipublikasikan, sementara catatan kritis dan sampel biologis "tetap tidak dapat diakses".

Baca Juga: Wajah Pongahnya Sirna Seketika Kala Curhat Soal Ketidakbecusannya Mengurus Negara, Kim Jong-un Harus Bersiap Mencium Kaki Joe Biden, Lihat Saja Isi Pidatonya Ini