Find Us On Social Media :

Berkat Wilayahnya yang Ekstrem, Negara Pemilik Militer Paling Lemah di Dunia Ini 'Selamat' dari Penjajahan Bangsa Eropa, Seperti Apa Sih Parahnya?

By Khaerunisa, Rabu, 7 April 2021 | 20:25 WIB

Bhutan. (ilustrasi) Berkat Wilayahnya yang Ekstrem, Negara Pemilik Militer Paling Lemah di Dunia Ini 'Selamat' dari Penjajahan Bangsa Eropa, Seperti Apa Sih Parahnya?

Intisari-Online.com - Bhutan adalah negara pemilik militer paling lemah di dunia, menurut Global Firepower 2021.

Kini, total kekuatan militernya menempati peringkat ke-140 dari 140 negara dalam daftar kekuatan militer Global Firepower.

Tetap menjadi 'juru kunci' dalam peringkat kekuatan militer dunia, Power Index negara ini juga semakin menjauhi nilai sempurnya.

Sebelumnya, Bhutan memiliki Power Index 10,1681 (0,0000 dianggap 'sempurna'), namun kini tercatat ia memiliki power Index 23.2577 (Global Firepower, 7 April 2021).

Baca Juga: Meski Termasuk Militer Paling Kuat di Dunia Tapi Terpaksa Jadi 'Anak Bawang' Sejak Kalah dalam Perang Dunia II, Inilah Pertempuran Okinawa, Pertempuran Besar Terakhir Jepang Melawan AS

Personel militer negara yang terhimpit konflik India dan China ini tercatat tidak bertambah, yaitu sebanyak 7.000, tanpa personel cadangan. Begitu pula persenjataannya di berbagai sektor.

Bhutan hanya memiliki 2 helikopter, 25 kendaraan lapis baja, dan tidak memiliki aset di sektor laut.

Dalam hal keuangan, negara yang bergantung pada 'perlindungan' India ini tercatat memiliki anggaran pertahanan sebesar $ 19.1 Juta, menurun dibanding tahun lalu.

Selama ini langganan menjadi militer paling lemah di dunia, rupanya menilik sejarah Bhutan, negara ini justru tidak pernah dijajah Bangsa Eropa. Uniknya, ia selamat berkat kondisi wilayahnya yang ekstreme.