Find Us On Social Media :

Catatkan Sejarah Kirim Orang Pertama yang Berhasil Meluncur ke Luar Angkasa, Periode 'Perlombaan Luar Angkasa' Uni Soviet vs AS Juga Banyak Hadirkan Bencana Mematikan, Ini 5 di Antaranya!

By Khaerunisa, Minggu, 4 April 2021 | 19:00 WIB

Pemakaman kosmonot Rusia Vladimir Komarov. (ilustrasi) Catatkan Sejarah Kirim Orang Pertama yang Berhasil Meluncur ke Luar Angkasa, Periode 'Perlombaan Luar Angkasa' Uni Soviet vs AS Juga Banyak Hadirkan Bencana Mematikan, Ini 5 di antaranya!

Intisari-Online.com - 12 April 1961, menjadi tanggal penting bagi Uni Soviet, karena di tanggal itulah mereka mencatatakan sejarah kirim orang pertama yang berhasil meluncur ke luar angkasa.

Itu juga menjadi tanggal penting bagi dunia, karena keberhasilan kosmonot Uni Soviet juga pertama kalinya dalam sejarah manusia.

Keberhasilan tersebut terjadi di tengah perlombaan luar angkasa antara Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Perlombaan angkasa antara dua kekuatan besar dunia tersebut dimulai setelah Uni Soviet meluncurkan Sputnik, satelit buatan pertamanya, pada tahun 1957.

Baca Juga: Tak Dicapai dengan Mudah! Butuh Bertahun-tahun untuk Kirim Orang Pertama Meluncur ke Luar Angkasa, padahal Hanya Segini Waktu yang Dihabiskan Yuri Gagarin Selesaikan Misi Mengorbit Bumi

Amerika Serikat pun memasuki persaingan sengit dengan saingan Komunis mereka untuk memperebutkan dominasi di luar angkasa.

Perlombaan luar angkasa berikutnya dipenuhi dengan banyak keberhasilan penting, termasuk keberhasilan Uni Soviet mengirim kosmonotnya, Yuri Gagarin, jadi orang pertama yang berhasil meluncur ke luar angkasa.

Sementara astronot Amerika mencatatkan pencapaian berjalan dan bermain golf di Bulan.

Namun, era tersebut bukannya tanpa kegagalan, termasuk beberapa bencana mematikan baik yang dialami Uni Soviet maupun AS. Berikut ini 5 di antaranya, melansir history.com: