Find Us On Social Media :

10 Fakta Orang Pertama yang Berhasil Meluncur ke Luar Angkasa, Ternyata Bawa Senjata Untuk Jaga-jaga Jika Hal Ini Terjadi

By Khaerunisa, Minggu, 7 Maret 2021 | 15:50 WIB

Yuri Gagarin. 10 Fakta Orang Pertama yang Berhasil Meluncur ke Luar Angkasa

Intisari-Online.com - Nama Yuri Gagarin mungkin sudah tak asing lagi di telinga orang-orang, dialah orang pertama yang berhasil meluncur ke luar angkasa.

Dia meluncur ke ruang angkasa menggunakan Pesawat Vostok I, misi luar angkasa berawak pertama dalam program Vostok Rusia.

Itu juga merupakan misi luar angkasa berawak manusia pertama dalam sejarah.

Misi tersebut diluncurkan oleh program luar angkasa Uni Soviet, dan dirancang oleh insinyur Soviet Sergei Korolev di bawah pengawasan militer Kerim Kerimov dan lain-lain.

Baca Juga: Memang Yuri Gagarin Orang Pertama yang Berhasil Meluncur ke Luar Angkasa, Tapi Nyatanya Sosok yang Kini Dimuseumkan Inilah yang Lebih Dulu Lakukan Misi Luar Biasa Itu

Peristiwa bersejarah itu terjadi pada hari Rabu, 12 April 1961. Peluncuran dilakukan pada pukul 9.07 pagi waktu Rusia, membawa Gagarin ke antariksa dan berada di sana selama 108 menit.

Setelah menyelesaikan satu putaran orbit tunggal, Gagarin kembali mendarat dengan parasit.

Gagarin terbang dengan kecepatan 27.400 km/jam hingga ketinggian 327 km di atas permukaan Bumi. Kemudian ia keluar dari pesawat antariksa dan mulai menggunakan parasit saat kembali pada ketinggian 7000 meter dpl.

Berikut ini fakta-fakta Yuri Gagarin sebagai orang pertama yang berhasil meluncur ke luar angkasa, melansir Russia Beyond: