Find Us On Social Media :

Sejarah Timor Leste Diinvasi Indonesia Tahun 1975, Sebuah Dokumen Rahasia Ungkap Peran Amerika Serikat

By Khaerunisa, Kamis, 1 April 2021 | 21:15 WIB

Ilustrasi Sejarah Timor Leste

Intisari-Online.com - Dalam sejarah Timor Leste, wilayah ini pernah diinvasi oleh pasukan Indonesia, yaitu pada tahun 1975.

Itu terjadi setelah Portugal, penjajah Timor Leste selama ratusan tahun, meninggalkan Bumi Lorosae.

Invasi oleh pasukan Indonesia dimulai tanggal 7 Desember 1975, selanjutnya menjadikan Timor Leste yang saat itu bernama Timor Timur, sebagai bagian wilayah Indonesia.

Serangan tersebut dilakukan selama masa pemerintahan Soeharto, dikenal sebagai Operasi Seroja.

Baca Juga: Jadikan Wanita di Wilayah Jajahan sebagai 'Penghibur' Tentaranya, Termasuk Sejarah Kelam Timor Leste, Tapi Jepang Sempat Tak Mengakui hingga Muncul Bukti yang Membuatnya Tak Bisa Mengelak Lagi

Hal yang melatarbelakangi serangan Indonesia terhadap Timor Leste, konon tak lepas dari kekhawatiran terhadap pergerakan Fretilin.

Fretilin (Frente Revolucionária de Timor-Leste Independente) sendiri saat itu merupakan sebuah gerakan pertahanan yang berjuang untuk kemerdekaan Timor Timur

Ada kekhawatiran bahwa kelompok tersebut dipengaruhi Komunis dan Timor Leste akan menjadi wilayah selanjutnya yang bakal menjadi lahan suburnya paham komunis setelah Vietnam.

Indonesia berbagi kekhawatiran itu dengan Amerika Serikat. Di mana sebuah dokumen mengungkap rahasia bagaimana peran Amerika Serikat dalam peristiwa invasi Timor Timur.