Find Us On Social Media :

Mirip Catur, Begini Rahasia Terbaik Permainan Hnefatafl Raja Viking, Strategi Taktis Menangkan Peperangan Bahkan Ikut Dikuburkan dalam Makam

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 1 April 2021 | 08:20 WIB

Hnefatafl, permainan raja Viking untuk menangkan peperangan.

Intisari-Online.com – Ketika membicarakan bangsa Viking, maka yang terbayang di benak Anda mungkin cara mereka menyerang yang sembrono dalam setiap kali pertempuran.

Namun, arkeologi menunjukkan bahwa bahwa para perampok kuno itu sedikit ilmiah dalam pendekatan mereka setiap kali peperangan.

Misalnya, mereka mengasah keterampilan taktis dengan permainan papan seperti hnefatafl.

Disebut sebagai ‘Meja Raja’, hnefatafl dimainkan di papan kotak-kotak atau kain yang mirip dengan catur, namun ini memiliki gaya permainan yang lebih agresif dan serbaguna.

Baca Juga: Tujuh Dewa dan Dewi Terpenting Bangsa Viking dalam Mitologi Norse, Termasuk Thor dan Loki yang Mungkin Anda Pernah Lihat dalam Film Produksi Marvel Universe

“Dalam hnefatafl satu pemain memiliki seorang raja, ditempatkan di tengah papan, dipertahankan oleh para pejuang. Pemain lain memiliki bidak yang ditempatkan di sekitar tepi papan. Pemain pertama menang jika dia mendapatkan rajanya di salah satu dari empat kotak sudut, ”jelas Dr. David Caldwell, presiden Society of Antiquaries of Scotland, dalam sebuah wawancara dengan Military History.

Satu fitur unik tentang hnefatafl adalah bahwa, seperti di masa perang, serangan dan pertahanan bergantian antar pemain.

Selama setiap permainan, satu pemain mempertahankan posisi yang terletak di tengah, sementara pemain lainnya menyerang.

Dengan demikian, pengalaman permainan ini  benar-benar berbeda tergantung pada peran yang diambil pemain.

Baca Juga: Memperingati International Women’s Day 8 Maret, Inilah Kisah Tiga Wanita Pejuang dari Sejarah yang Mungkin Belum Pernah Kita Dengar