Find Us On Social Media :

Meski Punya Uang Bejibun Sampai Bisa Beri Utangan Ke Negara-Negara Miskin, Siapa Sangka Ada Utang Rahasia yang Disembunyikan China dalam Jumlah Yang Tak Masuk Akal

By Afif Khoirul M, Kamis, 25 Maret 2021 | 09:41 WIB

Presiden China Xi Jinping

Intisari-online.com - China dikenal sebagai negara yang gemar memberikan utang ke ngera-negara kecil.

Namun, ternyata China pun juga memiliki utang negara sendiri, dan bahkan negeri tirai bambu itu, juga memiliki utang rahasia dalam jumlah tak masuk akal.

Menurut Bloomberg, pada Rabu (24/3/21), China memiliki utang rahasia yang bernilai 2,3 triliun dollar AS atau (Rp33.219 triliun).

Hal itu diungkapkan oleh sebuah kelompok riset yang berafiliasi dengan pemerintah Beijing, dan memperkirakan angka tersebut bisa meningkat lebih jauh.

Baca Juga: Diberi Mahar Sebanyak Rp2,9 Miliar Sebelum Menikah Oleh Calon Suaminya, Wanita Ini Awalnya Senang Namun Berakhir Syok Setelah Tahu Tentang Kebenaran Uang Tersebut

Bloomberg yang mengutip pernyataan peneliti senior, Liu Lei, di National Institute of Finance and Development of China (NIFD).

Mengatakan bahwa, daerah-daerah China menghadapi tekanan untuk meningkatkan investasi infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan pascapandemi Covid-19.

Hal ini menyebabkan peningkatan 6% dalam pinjaman off-budget dari level terendah baru-baru ini sebesar 2,13 triliun (Rp30.777 triliun) pada kuartal ketiga tahun 2019.

Utang tersembunyi China termasuk uang yang dikumpulkan oleh organisasi terkait pemerintah, untuk infrastruktur dan proyek publik lainnya.

Baca Juga: Rusia Memang Ahlinya Mencari Cuan dari Penderitaan Negara Lain, Saat China Masih Menolak Impor Batubara Australia, Diam-diam Negeri Beruang Siap Jadi Pemasok Utama