Find Us On Social Media :

Perbandingan Kekuatan Militer China dan India, New Delhi yang Tertinggal Satu Peringkat dari China Baru Saja Bahas Soal Persenjataan Militernya dengan AS

By Khaerunisa, Selasa, 23 Maret 2021 | 19:40 WIB

ilustrasi militer China dan India. Perbandingan Kekuatan Militer China dan India, New Delhi yang Tertinggal Satu Peringkat dari China Baru Saja Bahas Soal Persenjataan Militernya dengan AS

Intisari-Online.com - Perbandingan kekuatan militer China dan India saat ini masih menunjukkan militer China mengungguli militer India.

Menurut statistik Global Firepower 2021, saat ini China berada di peringkat ke-3 untuk total kekuatan militernya, sedangkan India tepat berada di bawahnya.

Meski hanya tertinggal satu peringkat dari China, namun perbedaan itu tetap 'berarti', terlebih konflik keduanya terus berlangsung.

Panasnya konflik perbatasan antara China dan India sempat menemui puncaknya pada pertengahan tahun 2020, dengan dilaporkan bentrokan di perbatasan memakan korban puluhan tentara India meski terjadi tanpa senjata api.

Baca Juga: Belum Tuntas! Dendam Iran Masih Membara Atas Kematian Qassem Soleimani, Siap Hancurkan Fasilitas Militer Amerika? Ini Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan AS

Sementara jika melihat persenjataan militernya, China menunjukkan keunggulan dari India di berbagai sektor, seperti apa?

Di sektor udara, China memiliki 1.200 pesawat tempur, sementara India hanya 542. Begitu juga dengan pesawat serangan khusus, milik China berjumlah 371, sedangkan India hanya 130.

Helikopter serang milik China pun lebih banyak, yaitu 327, sedangkan India hanya 37.

Tapi untuk pesawat angkutan dan pelatihan, selisihnya tak mencolok. Pesawat angkutan China sebanyak 264, sedangkan India 251. Dan pesawat pelatih, China 405, sedangkan India 345.