Find Us On Social Media :

Naskah Kuno Berusia 2.000 Tahun Milik Pemberontak Yahudi yang Terkait Ayat Alkitab Ditemukan di Goa Horor Israel, Berisi Ayat-ayat dari Nabi Zakaria

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 23 Maret 2021 | 07:00 WIB

Temuan di Israel

Intisari-Online.com - Para pejabat menyebut potongan-potongan manuskrip Alkitab kuno dan benda-benda kuno lainnya yang ditemukan di gua-gua gurun di Israel sebagai "penemuan sejarah".

Lusinan potongan teks - pertama kali ditemukan setelah lebih dari enam puluh tahun - ditulis dalam bahasa Yunani, tetapi kata "Tuhan" ditulis dalam bahasa Ibrani atau Ibrani.

Naskah berusia 2.000 tahun ini dianggap milik para pemberontak Yahudi, yang melarikan diri ke gunung setelah gagal melawan penguasa Romawi pada abad kedua.

Naskah kuno itu ditemukan dalam operasi agar goa-goa di padang pasir itu tidak dijarah.

Baca Juga: Sebut Tsunami Aceh Dipicu 'Project Seal' Buatan AS, Inilah Jerry D Gray, Mantan Tentara AS yang Pernah Sebut Pemerintahan Jokowi Disusupi Komunis

Inilah temuan pertama sejak awal 1960-an.

Saat itu kepingan naskah kuno dan sekitar 40 kerangka manusia ditemukan di situs yang sama, yang kemudian dikenal sebagai Goa Horor.

Naskah kuno yang ditemukan ini berisi ayat dari buku-buku Nabi Zakaria dan Nabi Nahum, bagian dari ayat dalam kitab Twelve Minor Prophets.

Manuskrip ini ditulis dalam bahasa Yunani, bahasa yang digunakan setelah penaklukan Yudea (bagian selatan Palestina yang bergunung-gunung pada masa modern) oleh Aleksander Agung pada Abad Keempat sebelum masehi.

Baca Juga: Serang 10.000 Tentara Mesir, Trio Pilot Israel dan Satu Marinir AS Menang Meski 'Tidak Punya Apa-apa,' Lenart Bocorkan Senjata Rahasia Saat Itu Sebenarnya