Find Us On Social Media :

Kecepatannya Kalahkan Kereta Api Supercepat Jepang Jadi Nomor Satu di Dunia, Ini Fakta Kereta Api Supercepat China, Pernah Alami Insiden Mengerikan

By Khaerunisa, Minggu, 21 Maret 2021 | 09:00 WIB

(ilustrasi) kereta api supercepat China

Intisari-Online.com - Kereta api supercepat Jepang, Shinkansen, merupakan pelopor era kereta api supercepat di dunia.

Namun, kini kecepatan yang dimiliki kereta api Shinkansen telah kalah dengan kereta api milik China.

Melansir Beautiful Life (9/1/2021), Shinkansen ada di nomor empat kereta api tercepat di dunia dengan kecepatan 224 MPH (Mil Per Hour).

Sembilan rute operasional dengan empat lainnya akan mulai beroperasi pada 2023 dan ada beberapa model kereta peluru di mana H5 adalah yang terbaru.

Baca Juga: Shinkansen Kereta Api Buatan Jepang Tahun 1967 Jadi Pelopor Era Kereta Api Supercepat Dunia, Inilah 10 Kereta Api Tercepat di Dunia Tahun 2020

Shinkansen jadi nomor empat, ia berada di bawah 3 kereta api supercepat milik China, di antaranya Harmony CRH 380A (236 MPH), Fuxing Hao CR400AF/BF (249 MPH), dan Shanghai Maglev (267 MPH).

Harmony CRH 380A adalah kereta beroda yang beroperasi tercepat kedua di dunia, yang kecepatannya telah mengalahkan saingan tradisionalnya selama berabad-abad.

Jepang harus menyerahkan mahkotanya ke China satu dekade lalu, yang telah membuat langkah pesat dalam empat puluh tahun terakhir dan suka menunjukkan kemajuannya melalui kekuatan teknologi.

Kini jadi pemilik kereta api tercepat di dunia mengalahkan Jepang, berikut ini fakta-fakta kereta api supercepat China, dilansir dari toptenz.net: