Find Us On Social Media :

Inilah El Tajin, Kota Hilang yang Dihuni 'Masyarakat Misterius' Tersembunyi dari Manusia Jauh di Hutan Tropis

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 18 Maret 2021 | 07:45 WIB

El Tajin

Intisari-Online.com - Dalam beberapa dekade terakhir banyak kota yang hilang telah ditemukan oleh para arkeolog atau penjelajah.

Salah satu yang paling misterius adalah kota kuno El Tajin di negara bagian Veracruz, Meksiko.

Kota ini terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO pada 1990-an karena semua monumen di El Tajin, termasuk bentang alam di sekitarnya, telah bertahan hampir tidak berubah selama berabad-abad.

Ia tersembunyi dari manusia karena lindungan hutan tropis.

Baca Juga: Kisah Misteri Tiga Penerbang AS yang Hilang di Hutan Malaya Saat Perang Dunia II Terungkap Setelah 70 Tahun, Bangkai Pesawatnya Ditemukan oleh Penduduk

Misteri El Tajin

Kota ini dibangun dan dihuni antara 800 SM dan 1200 M oleh budaya yang kemungkinan besar dipengaruhi oleh Olmec.

Meski begitu, siapa mereka sebenarnya masih belum diketahui.

Beberapa percaya bahwa mereka adalah nenek moyang orang Toltec atau bahwa mereka adalah cabang dari orang Maya yang perkasa.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa pembangun El Tajin adalah nenek moyang orang Huastec, yang masih hidup di negara bagian Veracruz.

Bukti arkeologis menunjukkan bahwa kota itu kaya dan bahwa itu adalah ibu kota kerajaan yang mendominasi sebagian besar Meksiko barat daya.

Baca Juga: Di Tanah Kering dan Minim Hujan, Pasangan Ini Bertekad 'Kembalikan' Hutan yang Mati, Ini Hasilnya Setelah 2 Dekade Berjuang