Find Us On Social Media :

Bak Ledakan Dahsyat, Inilah Teror 'Dong' yang Dipicu Laju Supercepat Shinkansen, Siapa Sangka Burung Inilah yang Kemudian Menjadi 'Penangkalnya'

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 17 Maret 2021 | 18:58 WIB

Teknologi meniru bentuk alam

 

Intisari-Online.com - Fakta membuktikan bahwa alam memiliki keunggulan karena mampu memberikan hal-hal yang positif bagi kemajuan teknologi.

Setidaknya Eiji Nakatsu, pencipta seri Shinkansen 500 (terutama seri 521), membuktikan hal ini.

Eiji Nakatsu menciptakan Shinkansen, dengan kepala depan diperpanjang, yang meningkatkan kecepatan kereta peluru sebesar 10%, meningkatkan kekuatan ekonomi sebesar 15%, dan mengurangi tekanan angin sebesar 30%.

"Burung ternyata memiliki banyak kelebihan untuk sebuah kecepatan dan peredaman suara," ungkap Eiji Nakatsu kepada pers belum lama ini.

Baca Juga: Bakar Emosi Umat Islam Seantero Dunia, Terbongkar Alasan Maroko 'Jual' Palestina, 'Hanya' Demi Wilayah Gersang yang Paling Jarang Dihuni Manusia Ini

Nakatsu juga menambahkan, terutama burung hantu menjadi pencerah dan menimbulkan ide dan teknologi baru yang diciptakan untuk Shinkansen series 500.

"Bulu ombak gergaji pada burung hantu disebut "bulu serunting," dan menghasilkan pusaran kecil dalam aliran udara yang memecah pusaran besar yang menghasilkan kebisingan.

Butuh waktu 4 tahun usaha keras oleh para insinyur muda kami untuk menerapkan prinsip ini secara praktis," ungkap Nakatsu.

"Akhirnya, "gerigi" ditorehkan di bagian utama pantograf, dan ini berhasil mengurangi kebisingan yang cukup untuk memenuhi standar ketat dunia.

Baca Juga: Coreng Wajah Militer AS Sejadi-jadinya, Inilah Tragedi My Lai, Kala Pasukan AS yang Gagal Temukan Viet Cong Malah Habisi Wanita dan Anak-anak