Find Us On Social Media :

Atasi Penyebaran Mutasi Virus Corona B.1.1.7 dengan Tetap Gunakan Masker, Begini 5 Tips Jadikan Masker Agar Lebih Protektif untuk Mencegahnya

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 16 Maret 2021 | 08:00 WIB

Pemakaian masker saat mengendarai mobil sendirian.

Intisari-Online.com – Sudah satu tahun virus Covid-19 juga melanda Indonesia, belum ketahuan kapan akan segera hengkang, tapi justru bermutasi.

Varian baru virus corona B.1.1.7 yang telah menyebar ini dapat meningkatkan risiko penularan menjadi kian tinggi di banyak wilayah, juga Indonesia.

Penerapan protokol kesehatan harus tetap dilakukan, bahkan semakin diperketat.

Beberapa ahli kesehatan masyarakat merekomendasikan agar setiap orang memperketat pemakaian masker selama masa pandemi ini.

Baca Juga: Warga Geger, 7 Makam Pasien Covid-19 Dibongkar Secara Misterius, Polisi Juga Temukan Sandal Jepit

"Masker kain mungkin 50 persen efektif dalam memblokade virus dan aerosol," kata Linsey Marr, seorang peneliti di Virginia Tech yang mempelajari penularan virus melalui udara.

Baca juga: Penyintas Covid-19 Masih Bisa Terinfeksi Virus Corona B.1.1.7

"Tetapi kita berada di titik bahwa kita membutuhkan perlindungan lebih dari 50 persen," sambung dia.

Marr mengungkapkan, memang saat kita berada di luar ruangan, di mana udara segar dapat dengan cepat menyebarkan tetesan virus dan partikel yang lebih kecil, masker kain tetap baik-baik saja.

Baca Juga: Datangi Warga yang Lewati Jadwal Vaksin Covid-19, Perawat Ini Malah Syok Setengah Mati, Temukan Fakta Miris yang Tersimpan Selama Lebih dari 1 Dekade