Find Us On Social Media :

Pantas Saja Korps Kalajengking Hitam Ini Dikirim untuk Tangani Kebrutalan KKB Papua, Intip Kehebatan Kendaraan Lapis Bajanya Ini, Sempat Buat AS Unggul di Perang Vietnam

By Maymunah Nasution, Senin, 15 Maret 2021 | 16:24 WIB

Kolase korps kalajengking hitam dan kendaraan M113 yang unggul di Vietnam

Intisari-online.com - Dikabarkan baru saja jika Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih bersiaga menghadapi ketegangan di Papua.

Mereka mengirimkan pasukan lagi ke Papua untuk memberantas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Pasukan yang dikirimkan adalah korps kalajengking hitam atau Batalion Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 412 Kostrad.

Dilansir dari laman resmi Divisi Infanteri 2 Kostrad, Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, meninjau latihan siap Pratugas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Jumat (12/3/2021).

Baca Juga: 'Bharata Eka Shakti', Moto yang Lantang Diteriakkan Pasukan TNI Berlambang Kalajengking yang Dikirim Berantas KKB Papua Ini, Apa Artinya?

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengecek secara langsung kesiapan dan kesiapsiagaan prajurit Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad yang akan mengemban tugas operasi Satgas Pamtas Mobile di wilayah Papua.

Latihan siap pratugas ini dilaksanakan selama 14 hari guna menyiapkan dan memberi pembekalan kepada seluruh prajurit.

Yonif Mekanis Raider 412 adalah salah satu Batalyon Infanteri di jajaran Brigade Infanteri Mekanis 6/Trisakti Baladaya, Divisi Infanteri 2/Kostrad.

Melansir Wikipedia, pasukan ini awalnya terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Panglima Tertinggi – VII/Dip nomor KPTS/58/7/1959 tanggal 15 Juli 1959 dan diresmikan pada tanggal 1 Agustus 1959 oleh Pangdam VII/Diponegoro Kolonel Inf Soeharto bertempat di alun-alun Purworejo.

Baca Juga: Korps Pasukan Khas, Pasukan Khusus Indonesia dari TNI AU, Inilah 5 Operasi yang Pernah Dilakukan Paskhas