Find Us On Social Media :

Heroik di Tengah Neraka, Kisah Pilot 'Penyapu Debu' Saat Perang Vietnam, Lompat ke Dalam Api untuk Evakuasi Korban Luka ke Dalam Helikopter

By K. Tatik Wardayati, Senin, 15 Maret 2021 | 13:00 WIB

Helikopter 'penyapu debu' saat Perang Vietnam.

Intisari-Online.com – Pada saat-saat yang sangat berisiko, petugas medis dan kepala kru medis akan melompat ke dalam api dan memuat korban ke dalam helikopter dengan bantuan tentara di dekatnya.

Anda mungkin pernah melihat Perang Vietnam, entah dalam film bioskop, maupun film dokumenter.

Di antara berbagai adegan ikonik dalam Perang Vietnam, ada satu yang secara khusus membuat ‘konflik yang disiarkan televisi pertama kali’ ini langsung dapat dikenali.

Gambar tersebut, yang disertai dengan suara tertentu, adalah pemandangan Bell UH-1 Iroquois atau ‘Kwik’ terbang di atas hutan menekan tembakan musuh, mengerahkan tentara, atau mengevakuasi tentara yang terluka.

Baca Juga: Aksi Teror 30 Anggota KKB Papua Sandera dan Todongkan Senjata pada Pilot dan Penumpang Susi Air Selama 2 Jam, Keluhkan Kekecewaan Karena Hal Ini

Ketika itu helikopter digunakan hanya sampai batas tertentu di Korea, namun pada Perang Vietnam ini gagasan tentang korps ambulan helikopter dikembangkan.

Ini karena kebutuhan menggunakan transportasi udara untuk mengevakuasi korban luka di Vietnam, seperti ditentukan oleh medan.

Karena sebagian besar aktivitas pertempuran berada di hutan, maka jalan darat menjadi tidak berguna meskipun sangat dekat keberadaannya.

Penyergapan dan ranjau membuat jalur darat sangat tidak terduga, karena hutan itu milik Viet Cong.

Baca Juga: Kisah Samurai Langit, Pilot Jepang Setengah Buta yang Terbangkan Pesawat Rusaknya Selama 5 Jam dan Pernah Terlibat dalam Serangan Pearl Harbor