Find Us On Social Media :

Gunung Emas Itu Nyata, Warga di Desa Ini Berebut Mengais-ngais Emas Langsung dari Tanah, Jumlahnya Bisa Bikin Kaya Mendadak, Pemerintah Pun Ikut 'Rebutan'

By Maymunah Nasution, Jumat, 12 Maret 2021 | 18:15 WIB

Gunung emas ditemukan di Kongo, warga buru-buru mengais emas dari tanah, rupanya ada alasan miris di baliknya

Intisari-online.com - Baru-baru ini, video viral dibagikan ke media sosial tunjukkan lusinan penduduk menggunakan sekop dan peralatan lain untuk menggali gunung emas.

Ya, sebuah gunung emas baru saja ditemukan di Afrika.

Melansir The Hindustan Times, otoritas di Republik Kongo telah umumkan larangan aktivitas tambang setelah rakyat menyerbu lokasi tambang emas baru di provinsi Kivu Selatan.

Ada video lain tunjukkan warga lokal mencuci tanah dari logam kuning dan mengkoleksinya di wadah lain.

Baca Juga: Emas dan Permata Berharga Ditemukan di Kuburan Wanita Abad Kelima di Bohemia, Termasuk Pot Keramik untuk Memasak dan Menyimpan Daging

"Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar untuk para warga desa di negara ini, karena seluruh pegunungan berisi emas telah ditemukan! Mereka menggali tanah di dalamnya dan membawanya ke rumah untuk dicuci dan mengekstrak emasnya," tulis Ahmad Algohbary, jurnalis lepas di akun Twitternya.

Menteri tambang, Venant Burume Muhigirwa, kemudian mengkonfirmasi jika penemuan tambang kaya emas di Luhihi menuntun pada demam emas, menaruh tekanan pada desa kecil yang berada 50 kilometer dari ibukota provinsi Bukavu, menurut agen berita Reuters.

Muhigirwa mengatakan jika dekrit dikeluarkan Senin lalu untuk menghukum semua aktivitas tambang di dalam dan sekitar desa.

Baca Juga: Memang Tak Sementereng Tambang Emas Papua, Tetapi Wilayah Indonesia yang Jarang Disorot Ini Ternyata Menyimpan Harta Karun Selama Berabad-Abad, Bisa Jadi Tumpuan di Masa Depan