Find Us On Social Media :

Inilah Hua Mulan Prajurit Wanita Tiongkok Kuno yang Mengomandoi Militer Bertempur yang Jadi Inspirasi Karakter Disney 'Mulan'

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 9 Maret 2021 | 10:34 WIB

Hua Mulan

Intisri-Online.com - Legenda pejuang wanita ini telah ada setidaknya sejak abad ke-6 dan popularitasnya hampir tidak berkurang saat ini.

Tapi apakah Hua Mulan orang yang nyata atau dia hanya seorang tokoh inspiratif China kuno?

Legenda abadi Hua Mulan telah bertahan ribuan tahun melalui pengulangan puisi, lagu, drama, dan film yang tak terhitung jumlahnya.

Sementara banyak orang saat ini mungkin paling mengetahui ceritanya dari film populer Disney, transkripsi pertama kisahnya yang diketahui berasal dari lagu rakyat "Balada Mulan".

Baca Juga: Senjatanya Para Dewa dari India Kuno yang Satu Ini Konon Mampu Mengeluarkan Petir dan Melesat dalam Pusaran Halilintar

Balada tersebut menceritakan kisah asli Mulan yang menyamar sebagai seorang pria untuk melindungi ayahnya agar tidak ikut berperang.

Sebagai seorang prajurit, Hua Mulan bertempur selama 12 tahun.

Dia menjadi seorang prajurit tentara Tiongkok yang terampil dan terhormat.

Tetapi ketika kaisar mencoba untuk memberikan penghormatan kepadanya atas jasanya, putri yang berbakti itu pensiun dan kembali ke rumah untuk keluarganya.

Awalnya ditulis pada abad ke-6 di Catatan Musik Lama dan Baru dan kemudian direproduksi selama abad ke-11 atau ke-12 di Koleksi Biro Musik oleh Guo Maoqian, kisah Mulan akan diperkenalkan ke khalayak yang jauh lebih besar.

Baca Juga: Ini Dia 10 Peninggalan Orang Mesir Kuno Kepada kita yang Masih Digunakan Hingga Kini, dari Riasan Mata, Kondom, Hingga Sepatu Hak Tinggi