Find Us On Social Media :

‘Dunia Harus Belajar Hidup dengan Covid-19’, Bukan Lagi Pandemi, WHO Simpulkan Virus Corona Bisa Jadi Endemik

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 2 Maret 2021 | 08:00 WIB

Ilustrasi virus corona (Covid-19).

Intisari-Online.com –  Sudah satu tahun pandemi Covid-19 melanda seluruh negara di dunia, dan belum terlihat tanda-tanda akan segera berakhir.

Untuk mencegah paparan virus ini yang semakin meluas, para ahli membuat vaksinnya dan sudah mulai disebarkan untuk masyarakat.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada akhir 2020 lalu mengatakan bahwa, pandemi Covid-19 ini bisa menjadi endemik.

WHO menyatakan, meskipun pandemi virus corona yang terjadi saat ini di dunia sangat parah, kasus ini belum tentu yang besar.

Baca Juga: Padahal Masih Jadi Vaksin Utama yang Digunakan Indonesia, Ternyata Pakar Jepang Justru Meragukan Vaksin Sinovac, Bahkan Menyebut Vaksin Buatan China Itu Tak Bisa Dipercaya

Pakar WHO mengatakan, dunia harus belajar untuk hidup dengan Covid-19.

"Virus corona sudah ditakdirkan menjadi endemik, bahkan saat vaksin mulai diluncurkan," kata Profesor David Heymann, ketua kelompok penasihat strategis dan teknis WHO untuk bahaya infeksi pada pengarahan media terakhir WHO untuk tahun 2020.

Dia menambahkan, “Dunia mengharapkan kekebalan kawanan, yang entah bagaimana penularannya akan menurun jika cukup banyak orang yang kebal."

Namun, Heymann, yang juga merupakan seorang ahli epidemiologi di London School of Hygiene and Tropical Medicine, mengatakan konsep kekebalan kawanan telah disalahpahami.

Baca Juga: ‘Tunjukkan Penyebaran Pandemi yang Tidak Terkendali’ Namun Niat PM Israel Kirimkan Kelebihan Vaksin Covid-19 ke Negara Sekutu Malahan Ditangguhkan