Penulis
Intisari-Online.com -Minuman ringan asal Amerika Pepsi hadir di Rusia sejak awal 1970-an ketika Rusia masih menjadi bagian dari Uni Soviet.
Pada saat itu persaingan antara kedua negara sedang tinggi.
Jadi bagaimana sebuah perusahaan minuman ringan Amerika bisa masuk dan membangun pasar utama di Rusia?
Kisah bagaimana Pepsi dijual secara luas di Rusia dimulai pada tahun 1959.
Melansir Amusing Planet, saat itu, Wakil Presiden AS Richard Nixon datang mengunjungi Uni Soviet untuk sebuah pameran di Taman Sokolniki, Moskow, dan bertemu dengan pemimpin Soviet Nikita Khrushchev.
Pameran Nasional Amerika diselenggarakan untuk mempromosikan seni, mode, mobil, dan kapitalisme Amerika.
Di sanalah, kedua pemimpin itu berdebat sengit tentang manfaat dan kerugian komunisme dan kapitalisme.
“Anda berencana untuk melampaui kami, terutama dalam produksi barang konsumsi. Jika kompetisi ini adalah untuk melakukan yang terbaik bagi rakyat kami dan untuk orang-orang di mana pun, harus ada pertukaran ide secara bebas,” kata Nixon kepada Khrushchev.
Kemudian, Nixon membawa Khrushchev ke bilik yang membagikan Pepsi dan memberi Khrushchev segelas minuman bersoda yang belum pernah dicicipi orang Rusia itu sebelumnya.
Gerai Pepsi memiliki dua versi minuman yang berbeda — satu dibuat dengan air Amerika dan satu lagi dibuat dengan air Rusia.
Khrushchev menyatakan bahwa yang dibuat dengan air Rusia jelas lebih unggul dan "cukup menyegarkan".
Saat Khrushchev minum, dia bersikeras agar rekan-rekan Rusia di sekitarnya ikut mencicipinya.
Foto-foto tentang perisitiwa itu diabadikan.
Berapa pun jumlah pengeluaran iklan yang dapat membuat Pepsi mendapat publisitas sebanyak ini, foto-foto ini dibawa ketika diluncurkan di seluruh Amerika dan Soviet Rusia.
Itu akhirnya melambungkan Kendall dari seorang eksekutif di Pepsi-Cola Corporation menjadi CEO perusahaan pada tahun 1965.
Kendall memang memainkan peran yang lebih besar dalam peristiwa 1959 daripada yang tersirat dalam foto.
Nixon membawa Khrushchev ke air mancur Pepsi dan Kendall menyajikan minuman yang membuat ketagihan kepada pemimpin Soviet bukanlah langkah dadakan.
Itu adalah ide Kendell, begitu pula partisipasi Pepsi di pameran itu yang bertentangan dengan keinginan atasannya.
Atasannya merasa bahwa mencoba menjual produk Amerika ke negara Komunis adalah pemborosan tenaga dan uang.
Malam sebelumnya, Kendall bertemu dengan Nixon dan mengatakan kepadanya bahwa dia "harus memberikan Pepsi di tangan Khrushchev."
Tiga belas tahun kemudian, pada tahun 1972, Kendall mencetak kesepakatan eksklusif dengan Uni Soviet menutup Coke dari pasar komunis.
Namun, ada hambatan — mata uang Soviet tidak berharga di luar Uni, karena rubel Soviet tidak berfungsi seperti mata uang nyata dalam ekonomi pasar.
Rubel Soviet lebih seperti token atau voucher perusahaan karena nilai mata uang ditentukan oleh pemerintah dan bukan karena kekuatan pasar.
Akibatnya, Kendall harus menggunakan metode pembayaran alternatif — sistem barter.
Diputuskan bahwa sebagai imbalan atas pembuatan dan penjualan Pepsi di Uni Soviet, Pepsi akan memperoleh hak distribusi eksklusif untuk vodka Stolichnaya di AS.
Perusahaan hanya akan mendapat untung dari penjualan vodka di AS. Itu tidak menerima keuntungan apa pun dari penjualan Pepsi di Uni Soviet.
Pasar Pepsi tumbuh dengan pesat dan pada akhir 1980-an, perusahaan memiliki lebih dari dua puluh pabrik pembotolan di Uni Soviet.
Pasar vodka Amerika dibatasi, Kendall mulai mencari produk Soviet lainnya untuk dibeli dengan imbalan Pepsi.
Bagaimana dengan kapal perang yang telah dinonaktifkan? Uni Soviet menyarankan.
Jadi pada tahun 1989, Kendall menandatangani perjanjian baru.
Dengan perjanjian itu, Soviet akan mentransfer ke PepsiCo seluruh armada yang terdiri dari 17 kapal selam, kapal penjelajah, fregat, dan kapal perusak.
Beberapa bercanda bahwa pada saat itu Pepsi memiliki Angkatan Laut terbesar keenam di dunia.
Sebaliknya, kapal-kapal ini hampir tidak layak laut. Pepsi dengan cepat menjualnya. Setiap kapal selam dihargai $ 150.000.
“Kami melucuti senjata Uni Soviet lebih cepat dari Anda,” Kendall pernah menyindir Brent Scowcroft, penasihat keamanan nasional Presiden George HW Bush.
Tahun berikutnya, PepsiCo menandatangani kesepakatan yang lebih besar dengan Uni Soviet, senilai $ 3 miliar soda.
Sebagai pembayaran, Uni Soviet akan membangun setidaknya 10 kapal, kebanyakan kapal tanker minyak, yang akan dijual atau disewa oleh PepsiCo di pasar internasional.
Kesepakatan itu akan menggandakan penjualan minuman manis PepsiCo di Rusia menjadi hampir satu miliar dolar.
Setahun kemudian, Uni Soviet bubar dan kesepakatan itu gagal.